Rabu 05 Januari 2022, 06:28 WIB

Kepala BNPB Sidak Kesiapan 3 Tempat Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Kepala BNPB Sidak Kesiapan 3 Tempat Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri

MI/Dok BNPB
Ketua BNPB Suharyanto melakukan sidak ke lokasi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

 

KEPALA BNPB Letnan Jenderal Suharyanto melakukan inspeksi mendadak ke tiga tempat yang berfungsi sebagai tempat karantina pelaku perjalanan luar negeri. Sidak dilakukan pada Selasa (4/1) malam, pukul 20.00 WIB, di wilayah DKI Jakarta.

Dua tempat di kawasan Jakarta Pusat, yang dimanfaatkan sebagai fasilitas karantina yaitu Arya Duta dan Hotel Grand Mercure, sedangkan satu tempat lainnya yaitu Holiday Inn Matraman. 

Inspeksi tersebut menyasar kesiapan registrasi penerimaan pelaku perjalanan luar negeri hingga peninjauan fasilitas pendukung pada tempat karantina.

Baca juga: Pemerintah Pangkas Masa Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri

“Kami mengharapkan fasilitas hotel ini telah siap sebagai tempat karantina para pelaku perjalanan luar negeri,” ujar Suharyanto dalam keterangan resmi, Rabu (5/1).

Kepala BNPB, yang sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional itu, juga menyampaikan terima kasih kepada para petugas yang bekerja pada hotel-hotel tersebut.

Sebelumnya, menjelang akhir 2021, Suharyanto telah meninjau kesiapan fasilitas karantina di DKI Jakarta untuk mengantisipasi adanya penambahan kebutuhan tempat karantina kepada pekerja migran Indonesia (PMI) atau pelaku perjalanan luar negeri. 

Fasilitas karantina tersebut adalah Rusun Nagrak di Jakarta Utara, Rusun Daan Mogot di Jakarta Barat, dan Wisma Lembaga Mutu Pendidikan DKI Jakarta di Jakarta Selatan.

Data BNPB pada 4 Januari 2021, pukul 18.00 WIB, total pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang berada di fasilitas RSDC Kemayoran, Wisma Pademangan, Rusun Pasar Rumput, dan Rusun Nagrak berjumlah 14.217 orang. Total persentase keterisian tempat tidur pada 4 fasilitas ini sebesar 74,92%. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Evermos Raih Internasional 3G Championship Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 05:59 WIB
Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya