Rabu 29 Desember 2021, 16:51 WIB

Karantina Pertanian Manado bersama Polairud Gagalkan Penyelundupan Tiga Ekor Kera

mediaindonesia.com | Humaniora
Karantina Pertanian Manado bersama Polairud Gagalkan Penyelundupan Tiga Ekor Kera

Ist/Kementan
Karantina Pertanian Manado menggagalkan 3 ekor kera  yang hendak dikapalkan melalui Pelabuhan Laut Manado.

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Manado menggagalkan 3 ekor kera  yang hendak dikapalkan melalui Pelabuhan Laut Manado menggunakan KM. Brcelona II menuju Tahuna pada senin malam (27/12). 

"Penggagalan pengiriman Satwa tersebut, berawal dari informasi pihak Polairud yang menemukan satwa tersebut di ruang kemudi yang dititip kepada chip kapal," tutur Hesti, Penanggung jawab wilayah kerja Pelabuhan laut Manado. 

"Lantas melihat hal tersebut pihak Polairud langsung  menginfokan ke Pihak Karantina Wilayah Kerja  Pelabuhan Laut  Manado dan langsung terjun bersama-sama mengamankan satwa tersebut dikantor Karantina," jelas Hesti.

Berdasarkan informasi dari chip kapal, dirinya mengaku hanya dititipi dan tidak kenal pemiliknya. Hesti mengatakan bahwa Keberhasilan penggagalan tersebut menurutnya berkat kerjasama yang baik antara pihak Karantina Pertanian dengan pihak Polairud. 

Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan mengatakan setelah barang tersebut diamankan pihaknya langsung mengkomunikasikan ke BKSDA untuk mengetahui jenis satwa tersebut.

Setelah diidentifikasi bahwa satwa tersebut terdiri dari dua ekor siamang (Symphalangus syndactylus) dan satu ekor owa ungko (Hylobates agilis) yang merupakan jenis satwa yg dilindungi (apendix 1). 

Selanjutnya terhadap 3 satwa tersebut diserahkan ke pihak BKSDA melalui berita acara Serah terima dari Karantina kepada BKSDA dan dibawa ke PPS Tasikoki, yang disaksikan oleh pihak Polairud dan Polsek Pelabuhan Manado. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/HO.MCH2022

Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 04:15 WIB
Sejumlah jamaah mengaku telah mengeluarkan biaya antara Rp200 juta hingga Rp300 juta agar bisa berangkat haji dengan jalur tanpa antre...
 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya