Jumat 24 Desember 2021, 09:05 WIB

Anak Rentan Tertular Penyakit akibat Perubahan Iklim, Ini Cara Mencegahnya

Atalya Puspa | Humaniora
Anak Rentan Tertular Penyakit akibat Perubahan Iklim, Ini Cara Mencegahnya

Istimewa
Ilustrasi

 

ANAK-anak rentan terjangkit penyakit menular karena dampak perubahan iklim. Sejumlah penyakit menular yang mesti diwaspadai mulai dari demam berdarah (DBD), pneumonia, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) hingga diare.

Dalam menanggapi hal itu, dokter spesialis anak Zakiudin Munasir menyampaikan sejumlah langkah sederhana yang bisa dilakukan agar mencegah anak dari penyakit menular yang muncul di saat perubahan iklim terjadi.

"Pertama, jaga anak supaya tetap hangat dalam rumah. Umumnya akhir tahun cenderung hujan dan dingin berangin," kata Zaki saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (23/12) malam.

Selain itu, ia juga menyarankan agar anak menggunakan pakaian hangat saat keluar rumah bila cuaca sedang dingin. Saat di dalam rumah, ia mengimbau agar anak-anak tetap aktif berkegiatan seperti bermain atau melakukan olahraga ringan.

"Selain itu, usahakan mendapat makanan dengan gizi seimbang. Banyak buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin seperti jeruk, apel, wortel dan lainnya. Kalau susah konsumsi buah dan sayur boleh diberikan suplemen vitamin dan mineral," beber dia.

Selain itu, pastikan anak menghidnari minuman dingin karena dapat merangsang batuk dan menurunkan daya tahan tubuh, serta pastikan konsumsi air putih yang cukup.

Tak kalah pentingnya, kondisi rumah juga harus diperhatikan. Ia mengimbau agar orang tua memastikan bahwa ventilasi rumah tetap terjaga dengan baik.

"Hal-hal lain yang perlu diperhatikan ialah jangan lupa imunisasi lengkap, istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan diri dengan mandi dengan sabun dan air hangat secara teratur," pungkas dia. (H-2)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Perkembangan Teknologi Harus Dimanfaatkan untuk Perkokoh Nilai Kebangsaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:30 WIB
Daya adaptasi dan inovasi yang mumpuni dari setiap anak bangsa yang didasari nilai-nilai kebangsaan sangat dibutuhkan untuk menjawab...
ANTARA/Nova Wahyudi

Hari Ini 3.683 Jemaah dari 7 Kloter Diberangkatkan ke Arab Saudi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:15 WIB
Rencana keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 2, Minggu, (26/6) Juni 2022 akan diberangkatkan sebanyak 9 kloter dari 7...
Ist

Sandiaga Uno: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:42 WIB
Lokasi Desa Wisata Taman Loang Baloq cukup strategis. Dari Lombok International Airport Praya sekitar 30 menit menggunakan mobil menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya