Senin 13 Desember 2021, 11:07 WIB

Banjir Surut, Warga Desa Alitan di Rokan Hulu, Riau Diminta Tetap Waspada

Atalya Puspa | Humaniora
Banjir Surut, Warga Desa Alitan di Rokan Hulu, Riau Diminta Tetap Waspada

ANTARA/Aswaddy Hamid
Relawan menyerahkan nasi bungkus bantuan pemerintah pada korban banjir di tenda pengungsi Kelurahan Bintan Dumai, Riau, Minggu (31/10/2021)

 

BANJIR melanda satu desa di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, telah surut surut berdasarkan pantauan pada hari ini, Minggu (12/12). Peristiwa itu terjadi pada dua hari yang lalu, Jumat (10/12).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaporkan warga desa setempat tetap waspada dan siaga terhadap kemungkinan banjir susulan.

"Desa yang terdampak yaitu Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rohul. Hal tersebut tidak terlepas dari prakiraan cuaca hingga dua hari ke depan yang berpotensi berawan, hujan ringan hingga hujan petir. Pada Minggu ini, Kecamatan Kabun masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir," kata Abdul dalam keterangan resmi, Senin (13/12).

Baca juga: Unsri Gandeng Mahasiswi Jadi Satgas Antisipasi Pelecehan Seksual

Banjir yang terjadi setelah hujan lebat ini menyebabkan debit Sungai Aliantan meluap dan berdampak pada 93KK. Tinggi muka air saat terjadinya banjir berkisar 50 sampai dengan 100 cm.

"Tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga mengungsi akibat peristiwa tersebut," imbuhnya.

Menyikapi banjir dua hari lalu, BPBD dan petugas gabungan dari TNI, Polri, relawan dan aparat kecamatan dan desa bersiaga untuk mengantisipasi apabila terjadi evakuasi warga.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga, khususnya jelang puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari 2022.

Berdasarkan kajian bahaya inaRISK, Kecamatan Kabun merupakan salah satu kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 16 kecamatan di Kabupaten Rohul yang berada pada potensi bahaya tersebut. (H-3)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya