Kamis 21 Oktober 2021, 18:38 WIB

Presiden Minta Daerah Percepat Vaksinasi Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Presiden Minta Daerah Percepat Vaksinasi Covid-19

Antara
Presiden Jokowi melayani warga yang ingin berfoto bersama di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta pemerintah daerah untuk mempercepat upaya vaksinasi covid-19 di daerah. Dengan begitu, target vaksinasi nasional sebanyak 70% bisa tercapai di akhir 2021. 

Hal itu disampaikan Kepala Negara saat meninjau kegiatan vaksinasi covid-19 di Kalimantan Selatan. "Akhir tahun ini, kita berharap 70% warga kita sudah tervaksinasi," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di Banjarmasin, Kamis (21/10). 

"Tadi saya mendapatkan laporan dari Gubernur Kalimantan Selatan bahwa di provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan (vaksinasi) baru mencapai 33%," imbuhnya.

Baca juga: Anak di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Lakukan Perjalanan, Catat Syaratnya

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi covid-19 di Kalimantan Selatan per 21 Oktober 2021 baru mencapai 34,37% untuk dosis pertama dan 20,53% untuk dosis kedua. Selain Banjarmasin, terdapat 12 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yang juga melaksanakan vaksinasi serentak. 

Salah satu perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut menyebut bahwa pencapaian vaksinasi di kabupaten tersebut juga masih rendah. "Target kami hari ini sebanyak 1.890. Sampai sekarang tercapai 2.603 orang sudah suntik. Total pencapaian vaksinasi kami masih cukup rendah sekitar 23,08%," jelas perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut.

Adapun perwakilan dari Kabupaten Tapin juga mengungkapkan rendahnya capaian vaksinasi covid-19. Menurut dia, saat ini capaian vaksinasi di daerahnya baru mencapai 25,8%. Namun, sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan optimistis dapat mengejar target vaksinasi di akhir tahun. 

Baca juga: Pemerintah Distribusikan Tambahan Fasilitas Rantai Dingin ke 34 Provinsi

"Insyaallah di November sudah 70%, Pak Presiden," kata perwakilan dari Kota Banjarbaru.

Kepala Negara pun meminta jajaran pemda setempat untuk bekerja sama dengan polres dan kodim untuk mempercepat vaksinasi. Sehingga, dapat memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat.

"Tadi sudah saya sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, apabila stok habis segera menyampaikan ke pusat, ke Menteri Kesehatan atau ke saya. Akan kita kirim sesuai dengan kebutuhan Kalimantan Selatan," tandas Jokowi.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 Bertambah 264 Kasus. Angka Jakarta Tertinggi

👤Ant 🕔Minggu 28 November 2021, 23:35 WIB
DKI 51 kasus, lalu di Jateng 33 kasus, Jatim 32 kasus, Riau 26 kasus, serta Jabar 25...
MI/Susanto

Transmisi Televisi Analog Ke Digital Utamakan Kesetaraan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 28 November 2021, 23:30 WIB
SIARAN televisi analog telah mengudara selama 60 tahun di Indonesia. Namun dalam waktu satu tahun, televisi analog hanya akan menjadi...
MI/Andri Widiyanto

Tak Boleh Arogan, Ormas Harus Taat Hukum

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 28 November 2021, 22:05 WIB
ORGANISASI kemasyarakatan (Ormas) mesti menjadi suri tauladan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan selalu mengamalkan nilai-nilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya