Selasa 12 Oktober 2021, 18:03 WIB

Lulus Seleksi PPPK, Ini Rincian Gaji dan Tunjangan Guru

Faustinus Nua | Humaniora
Lulus Seleksi PPPK, Ini Rincian Gaji dan Tunjangan Guru

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Seleksi Calon ASN, baik formasi dalam penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

 

SEBANYAK 173.329 guru dinyatakan lolos pada seleksi ASN PPPK tahap 1 tahun 2021. Meski bukan PNS, ternyata gaji dan tunjangan yang akan diterima PPPK tersebut sama dengan PNS.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja para guru yang baru lulus PPPK merupakan golongan X. Setara dengan lulusan baru PNS golongan IIIA, mereka menerima gaji pokok sebesar Rp2.966.500 mulai masa kerja golongan 0 tahun.

Di samping menerima gaji pokok, PPPK juga akan menerima tunjangan yang diatur dalam Perpres 28/2020. "PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan diberikan tunjangan sesuai tunjangan PNS pada instansi pemerintah tempat PPPK bekerja," tulis Perpres pasal 4.

Lantas, ada beberapa tunjangan yang akan diterima guru PPPK dengan nilai yang setara PNS. Diantaranya tunjangan keluarga untuk istri atau suami dan 2 orang anak. Kemudian ada tunjangan pangan seperti PNS.

Baca juga: Lewati Tantangan Pandemi, Nadiem Apresiasi Kerja Keras Guru

Karena guru guru tidak menerima tunjangan jabatan struktural yang berlaku untuk PNS di lingkup struktural. Jadi guru menerima tunjangan jabatan fungsional dan tunjangan lainnya.

Para guru honorer yang sudah diterima dan menjadi guru PPPK maka mereka akan mendapatkan gaji sebagai ASN dan tunjangan kinerja dan sejenisnya untuk guru sebesar Rp4.060.490 bagi guru yang menikah dan memiliki dua anak dan istri total tunjangan kinerjanya," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Di luar itu, untuk PPPK juga bisa mendapat tunjangan profesi guru bagi yang sertifikasi. PPPK non-sertifikasi bisa mendapat tambahan pengahasilan yang disediakan untuk PPPK sebanyak 328.699 orang. Selain itu juga tunjangan khusus bila PPPK bertugas di daerah 3T.

"Ini adalah anggaran yang sudah disediakan dalam bentuk APBN pusat maupun APBD. RP1,46 triliun untuk ASN pusat dan Rp24,92 triliub untuk ASN daerah yang akan masuk menjadi PNS dan PPPK," tambah Sri Mulyani.

Dengan gaji dan tunjangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para guru. Dukungan tersebut juga diharpakan bisa berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di ruang-ruang kelas.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA

Tak Mau Kecolongan Seperti Virus Delta, Pemerintah Lakukan Pengetatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:42 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan pengetatan pintu masuk Indonesia jelang...
ANTARA/ Rony Muharrman

Evaluasi Inpres Penanggulangan Karhutla Dibutuhkan untuk Perkuat Pencegahan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:35 WIB
Selama hampir 10 bulan terakhir, serta prediksi hingga akhir bulan ini, Indonesia telah dapat memastikan bebas dari duet bencana tahun...
ANTARA/ Nugroho Gumay

Pembangunan Bandar Antariksa di Biak Butuh Dana Hingga Rp10 Triliun

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:25 WIB
Pembangunan bandar antariksa itu sangat penting untuk mengurangi beban biaya peluncuran roket dan satelit...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya