Kamis 09 September 2021, 23:55 WIB

Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Mengandung Merkuri

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Mengandung Merkuri

Antara
Sejumlah kosmetik tanpa izin edar dan mengandung merkuri.

 

SPESIALIS Dermatovenereologist Nenden Sobarna menjelaskan kosmetik yang mengandung merkuri sangat berbahaya bisa menyebabkan kematian dalam jangka pendek.

Merkuri pada kosmetik berjenis organik beda dengan industri. Sifatnya mengelupaskan epidermis kulit sehingga terasa merah, panas, dan gatal atau iritasi. Setelah itu merkuri akan masuk melalui kulit dan absorpsi ke dalam darah.

Terlebih merkuri ini mudah menguap ke udara maka bisa terhirup ke orang terdekat. Dan tentunya dampaknya berbahaya terutama pada anak-anak.

"Bila dipakai terus menerus bisa berdampak di ginjal, di otak, hati itu yang kita takutkan," kata Nenden dalam webinar Merkuri Musuh Dalam Selimut, Kamis (9/9).

Ia menyebutkan, tanda-tanda kosmetik yang mengandung merkuri adalah memiliki sifat yang lengket dan tidak larut dalam air, memiliki wangi yang menyengat.

"Nah biasanya kosmetik tersebut memiliki wangi yang tajam pasti ada sesuatu dalam bahan dasarnya karena wanginya menyengat," ujarnya.

Selain itu juga warnanya abu-abu atau kekuningan dan ada bintik-bintik bling-bling. Nama lain merkuri juga bisa calomel atau merkurius.

Adapun cara preventif menghindari kosmetik mengandung merkuri yakni cek terlebih dahulu dengan label BPOM, namun banyak juga label BPOM yang dipasang abal-abal sehingga harus memeriksa juga di website resmi BPOM.

"Dan apabila kosmetik itu dalam penggunaanya memiliki syarat 'jangan kontak langsung dengan emas' maka kosmetik itu pasti mengandung merkuri, karena kalau kena kontak maka perhiasannya hitam," pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

Antara

Update 10 Agustus: 5.926 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:22 WIB
Sementara itu, kasus aktif covid-19 bertambah 1.002 sehingga menjadi 52.043...
DOK Pribadi.

Rayakan 60 Tahun Berdiri, Hotel Indonesia Kempinski Gelar Pameran Seni

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:02 WIB
Merayakan 60 tahun berdirinya Hotel Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta kali ini mempersembahkan keelokan seni Indonesia melalui...
Dok MGN

Lampung Post Luncurkan Aplikasi One Click

👤Andi Apriadi/Muklis Efendi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:52 WIB
Transformasi itu merupakan bentuk kecintaan terhadap masyarakat dan ikut serta memajukan Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya