Senin 06 September 2021, 10:56 WIB

Habib Ali Kwitang Didukung Jadi Pahlawan Kemerdekaan RI

 Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Habib Ali Kwitang Didukung Jadi Pahlawan Kemerdekaan RI

Ist/Wikipedia
Al Walid Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau yang populer dengan sebutan Habib Ali Kwitang.

 

AL Walid Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau yang populer dengan sebutan Habib Ali Kwitang didukung penuh menjadi Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Dukungan tersebut salah satunya datang dari Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta.

PWNU DKI Jakarta mengusulkan agar Habib Ali Kwitang menjadi tokoh pahlawan kemerdekaan RI.

Usulan inipun didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta. Hal ini disampaikan Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin di Jakarta, Minggu (5/9) di Jakarta.

Baca juga: Pemkab Klaten Usulkan Dr R Soeharto Sebagai Pahlawan Nasional

“PKS DKI sangat mendukung usulan tersebut, karena hal ini adalah bagian dari sejarah yang tidak dapat dipisahkan, dimana peran Ulama merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah, khususnya di DKI Jakarta,” kata Khoirudin dalam keterangan resmi.

Khoirudin juga menyampaikan, jika kita baca-baca lagi sejarah kemerdekaan RI ini, Habib Ali Kwitang adalah salah satu tokoh habib yang paling berpengaruh dan paling disegani penjajah Belanda serta menjadi ulama paling populer di masa awal kemerdekaan.

Khoirudin menambahkan, dari sejarah yang ada bahkan Presiden Soekarno dalam banyak langkah mengambil keputusan besar, termasuk menentukan hari dan tanggal Kemerdekaan RI seringkali berdiskusi dan meminta pendapat para ulama di antaranya Habib Ali Kwitang.

Baca juga: Dokter Pribadi Soekarno Hatta Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

“Ini hal yang luar biasa, dan kami sangat mendukung jika PWNU Jakarta mengusulkan ulama dan habaib dari tanah Betawi yang memiliki peran besar untuk bangsa dan negara ini,” pungkasnya.

Diketahui, melalui akun twitter resmi PWNU Jakarta @pwnudki1926 jajaran Pimpinan PWNU Jakarta yang diketuai KH Samsul Maarif berkunjung ke kediaman Al Walid Habib Ali Kwitang pada Jumat (3/9) dan diterima oleh keturunannya Habib Ali Kwitang yang juga anak dari Habib Abdurrahman yaitu Habib Ali. (Put/OL-09)

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya