Selasa 31 Agustus 2021, 12:48 WIB

Kemenkes: Belum Ada Rencana Vaksin Covid-19 Dosis Ke-3 untuk Non-Nakes

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes: Belum Ada Rencana Vaksin Covid-19 Dosis Ke-3 untuk Non-Nakes

Antara/Istimewa
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr.Siti Nadia Tarmizi

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) tegaskan hingga saat ini belum ada rencana pemberian vaksin dosis ke-3 untuk non tenaga kesehatan (nakes).

"Tidak ada rencana pemberian vaksin dosis ke-3 untuk non-nakes hingga saat ini," ucap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr.Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Selasa (31/8).

Nadia juga menegaskan bahwa setelah 6 bulan disuntikkan dosis ke-2 proteksi vaksin di dalam tubuh masih tetap sama apapun jenis vaksinnya.

Oleh karena itu dirinya meminta kepada masyarakat untuk segera divaksin agar tubuh lebih kuat menahan virus korona dan jika terpapar tidak sampai dalam kondisi berat.

"Satu lagi studi itu bukan menemukan vaksin hanya bertahan 6 bulan, tetapi ada penurunan efikasi setelah 6 bulan tetapi ini efek proteksinya masih sangat baik apalagi dilengkapi dengan protokol kesehatan," kata Nadia.

Diketahui data update per 30 Agustus 2021 Indonesia sudah menerima 5 jenis vaksin dengan jumlah yang variatif. Sinovac 153 juta dosis dalam bentuk bahan baku dan 28 juta dosis dalam bentuk jadi.

AstraZeneca 18,2 juta dosis, Sinopharm 8,2 juta dosis, Moderna 8 juta dosis, dan Pfizer 1,5 juta dosis. totalnya 217.9 juta dosis.

Sementara masyarakat yang sudah divaksin berjumlah 62,2 juta orang untuk dosis ke-1 dan 35,3 juta orang untuk dosis ke-2. (Iam/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/ARNAS PADDA

Kemenag dan Kemenkes Latih Petugas Haji Embarkasi Makassar

👤Humaniora 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:15 WIB
Para calon jemaah haji embarkasi Makassar berasal dari 8 Provinsi di Indonesia Timur, yakni Sulsel, Sultra, Sulbar, Gorontalo, Maluku,...
Medcom

Tidak Patuh Minum Obat Bisa Sebabkan Pengidap Hipertensi Alami Komplikasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:30 WIB
"Kepatuhan minum obat jika kurang optimal akan menyebabkan hipertensi menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, meningkatkan risiko...
ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

Pelonggaran Masker, Jubir Satgas: Mari Tetap Lindungi Kelompok Rentan di Sekitar

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:20 WIB
Walaupun pemerintah telah banyak mengizinkan kembali aktivitas masyarakat, namun harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya