Jumat 16 Juli 2021, 17:05 WIB

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad Buka Layanan Teledentistry

Zubaedah Hanum | Humaniora
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad Buka Layanan Teledentistry

US National Library of Medicine.
Ilustrasi

 

UNTUK meningkatkan layanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran meluncurkan program Teledentistry.

Melalui Teledentisry, masyarakat dapat berkonsultasi secara daring seputar kesehatan gigi dan mulut mereka. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman rsgm.unpad.ac.id.

“Kehadiran Teledentistry menjadi solusi untuk kita menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri,” kata Rektor Universitas Padjadjaran Prof Rina Indiastuti, dilansir dari laman Unpad.

Menurutnya, Teledentistry RSGM dan FKG Unpad yang sudah diluncurkan sejak 15 Juli 2021 itu dapat dimanfaatkan gratis untuk sivitas akademika dan masyarakat umum. Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat konsultasi dengan dokter gigi dari FKG Unpad melalui pesan teks, telepon, dan video.

Teledentistry merupakan salah satu bentuk kebermanfaatan Unpad, khususnya RSGM dan FKG untuk mesyarakat. Di tengah pandemi Covid-19, layanan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan melalui inovasi berbasis teknologi informasi.

Layanan ini pun melibatkan para dosen di FKG Unpad sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Dikatakan Rektor, hal ini menunjukkan pengabdian sivitas akademika yang tanpa batas dan tanpa henti.

“Kehadiran Teledentisry ini pasti akan sangat relevan di masa kini, masa pandemi, dan saya yakin akan sangat relevan di masa post-covid nanti,” kata Rektor.

Rektor berharap, feedback dari pelaksanaan Teledentistry akan turut berkontribusi pada penyempurnaan konten pendidikan di FKG Unpad. Selain dapat berkelanjutan, layanan ini pun diharapkan dapat menghadirkan inovasi lanjutan.

Direktur Utama RSGM Unpad drg Kosterman mengatakan, Teledentistry hadir seiring dengan imbauan pemerintah untuk mengurangi mobilitas dan tetap di rumah. Masyarakat yang kesulitan menjangkau fasilitas kesehatan pun dapat melakukan konsultasi.

“Mudah-mudahan program Teledentistry ini  dapat membantu, dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan juga bisa memberikan tambahan pengalaman baru bagi sejawat dokter dan dosen FKG Unpad dalam memberikan pengabdian pada masyarakat ,” harapnya.

Diagnosis dini
Dekan FKG Unpad, Dr. Dudi Aripin, drg, SpKG(K) mengatakan bahwa layanan kedokteran gigi biasanya menghasilkan aerosol yang sangat rentan terhadap penularan virus Covid-19. Karena itu, kehadiran Teledensitry dapat membantu diagnosis dini.

“Dibutuhkan langkah-langkah dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, salah satunya dengan pembatasan pelayanan kesehatan yang bersifat tatap muka dan solusi yg terbaik saat ini, yaitu melalui Teledentistry,” ujarnya.

Konsep Teledentistry sendiri bukanlah hal baru di dunia kedokteran gigi. Meski demikan, Dr. Dudi menilai layanan secara virtual ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di tengah pandemi.

Sistem Teledentistry dapat meningkatkan diagnosis diri, memfasilitasi pengobatan penyakit gigi dan mulut tepat waktu, mempermudah komunikasi antar tenaga kesehatan dan pasien, serta memperluas akses perawatan kepada masyarakat. Teledentistry pun dapat berperan dalam memberikan edukasi terkait perawatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

Sedangkan, layanan tatap muka baru dilakukan untuk perawatan kedaruratan gigi dan mulut. (H-2)

Baca Juga

Ist

Suasana Kelas Demokrastis Tumbuhkan Semangat Belajar Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:50 WIB
Tantangan terbesar dalam proses pembelajaran adalah bagaimana peserta didik, baik pelajar maupun mahasiswa memahamii apa yang...
DOK MI

LPP TVRI Raih Indeks Tertinggi Enam Kategori Program Acara

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:42 WIB
LPP TVRI menorehkan prestasi dengan meraih indeks kualitas tertinggi lewat Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode II Tahun...
Ist

Wujudkan Kota Humanis Bagi Disabilitas Butuh Dukungan Semua Pihak

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:16 WIB
Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar diskusi bersama para penyandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya