Sabtu 12 Juni 2021, 18:49 WIB

Arab Saudi Putuskan Kuota Haji, Tidak ada Jemaah dari Negara Lain

Willy Haryono | Humaniora
Arab Saudi Putuskan Kuota Haji, Tidak ada Jemaah dari Negara Lain

AFP
Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi

 

ARAB Saudi akhirnya mengeluarkan pengumuman terkait ibadah haji tahun ini. Dalam pengumuman resmi dari Kementerian Kesehatan dan Haji Arab Saudi pada hari ini, disebutkan bahwa ibadah haji tahun ini terbatas bagi warga lokal dan ekspatriat yang sudah ada di dalam negeri.
 
"Total 60 ribu orang akan diizinkan menjalankan ibadah haji tahun ini," ujar pengumuman tersebut, dilansir dari laman Arab News.
 
Riyadh menekankan bahwa mereka yang hendak mengikuti ibadah haji tahun ini harus terbebas dari segala penyakit kronik, dan berusia di antara 18 dan 65 tahun. Semua yang mengikuti ibadah haji juga sudah harus menjalani vaksinasi sesuai standar kerajaan.

Menurut pihak kementerian haji, keputusan terbaru ini didasarkan pada upaya memfasilitasi mereka yang tetap ingin menjalankan ibadah haji di tahun 2021. Namun di waktu bersamaan, "Kerajaan Arab Saudi juga tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan manusia."
 
Ibadah haji tahun ini akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang.

Baca juga: PDIP: Hentikan Hoaks Terkait Pembatalan Haji
 
Pengumuman haji tersebut dikonfirmasi oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Dubes Agus membenarkan bahwa Arab Saudi hanya membolehkan warga lokal untuk mengikuti ibadah haji 2021.
 
"Tidak ada (warga) internasional," kata Dubes Agus.
 
Dua jam sebelum pengumuman haji, lanjut Dubes Agus, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud telah melakukan sambungan telepon dengan Menlu Retno Marsudi. Dalam sambungan telepon, Menlu Faisal menyampaikan keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.
 
Setengah bulan lalu, Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Abdul Fatah Mashat, juga telah memberikan informasi mengenai kemungkinan ibadah haji tahun ini hanya terbatas untuk masyarakat dalam negeri.(Medcom.id/OL-4)

Baca Juga

MI/Dok Save the Children

Save The Children Indonesia Serahkan Petisi Kawal Dana BOS ke Kemendikbud-Ristek

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 07:00 WIB
Pada sektor pendidikan, pandemi covid-19 menyebabkan 91% keluarga dengan status minoritas tidak yakin anaknya dapat kembali...
MI/Agus Mulyawan

Mahfud MD : Peran Tokoh Agama Penting dalam Percepatan Vaksinasi

👤Mediaindoensia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:30 WIB
"Kita perlu dukungan dan perantara alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan agama untuk mendukung peningkatan implementasi...
Dok. Pribadi

Tinjau Sentra Vaksinasi PL, Menkes Apresiasi Peran Serta Masyarakat di Program Vaksin

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:15 WIB
Sentra Vaksinasi PL merupakan inisiatif Ikatan Alumni SMA Pangudi Luhur Jakarta bekerjasama dengan RS Gandaria & Komunitas Dokter PL...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya