Jumat 09 April 2021, 15:36 WIB

Di Tengah Vaksinasi Covid-19, Masih Ada Misinformasi Soal Vaksin

mediaindonesia.com | Humaniora
Di Tengah Vaksinasi Covid-19, Masih Ada Misinformasi Soal Vaksin

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada penerima vaksin di Senayan City, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

 

KASUS pendemi Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan tren penurunan. Untuk mencegah dan menekan kasus Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan, pemerintah juga melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Bahkan pemerintah telah menyiapkan lebih dari 50 juta vaksin Sinovac. Namun sayangnya di tengah program vaksinasi Covid-19  tersebar misinformasi atau hoaks  seputar vaksin Covid-19.

Misinformasi dari soal masalah kehalalan dan efek samping vaksin Covid-19 menyebar luas ke masyarakat melalui media sosial (medsos).

Untuk meluruskan misinformasi tersebut,  perusahaan jasa layanan kesehatan, Medika Plaza, menggelar webinar dengan mengambil tema  “Vaksin Covid-19 dan Mitosnya”.   

“Sampai sekarang pun masih banyak sliweran hoaks vaksin (Covid-19) di medsos. Padahal program vaksin dari pemerintah sudah mau masuk tahap ketiga. Sementara masyarakat lebih percaya pada mitos. Harus ada yang berani meluruskan," kata Marketing and Communication Head Medika Plaza, Rahman Ghany.

Dalam keterangan pers, Jumat (9/4), sebagai narasumber dosen luar biasa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk memberi penjelasan.

Dokter Suryo yang juga anggota dari Perhimpunan Spesialis Kedokteran Indonesia (Perdoki) berharap di era digital ini, sangat penting bagi masyarakat untuk pintar-pintar memilah mana yang benar-benar fakta, bukan hanya yang dianggap benar.

"Sebagai pihak yang mengetahui faktanya pun, sudah menjadi kewajiban untuk meluruskan derasnya alur informasi digital yang juga akan membantu pemerintah memberantas hoaks,"  tuturnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Balai POM NTT Uji Sampel Takjil

👤PO/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:30 WIB
BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan uji terhadap puluhan sampel takjil untuk berbuka puasa,...
Dok. Ist

Bayar Zakat secara Digital Tetap Sah

👤Ant/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:25 WIB
ZAKAT adalah kewajiban untuk semua umat muslim yang punya kemampuan, berasal dari harta yang halal dan memiliki ukuran tertentu serta waktu...
MI/Seno

Mengenal Alam Mitsal

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Jumat 23 April 2021, 05:20 WIB
Kekuatan apa yang dimiliki Nabi sehingga bisa mendengarkan dan memahami sesuatu yang menurut orang lain itu wilayah alam gaib? Apakah hanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya