Jumat 09 April 2021, 15:36 WIB

Di Tengah Vaksinasi Covid-19, Masih Ada Misinformasi Soal Vaksin

mediaindonesia.com | Humaniora
Di Tengah Vaksinasi Covid-19, Masih Ada Misinformasi Soal Vaksin

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada penerima vaksin di Senayan City, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

 

KASUS pendemi Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan tren penurunan. Untuk mencegah dan menekan kasus Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan, pemerintah juga melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Bahkan pemerintah telah menyiapkan lebih dari 50 juta vaksin Sinovac. Namun sayangnya di tengah program vaksinasi Covid-19  tersebar misinformasi atau hoaks  seputar vaksin Covid-19.

Misinformasi dari soal masalah kehalalan dan efek samping vaksin Covid-19 menyebar luas ke masyarakat melalui media sosial (medsos).

Untuk meluruskan misinformasi tersebut,  perusahaan jasa layanan kesehatan, Medika Plaza, menggelar webinar dengan mengambil tema  “Vaksin Covid-19 dan Mitosnya”.   

“Sampai sekarang pun masih banyak sliweran hoaks vaksin (Covid-19) di medsos. Padahal program vaksin dari pemerintah sudah mau masuk tahap ketiga. Sementara masyarakat lebih percaya pada mitos. Harus ada yang berani meluruskan," kata Marketing and Communication Head Medika Plaza, Rahman Ghany.

Dalam keterangan pers, Jumat (9/4), sebagai narasumber dosen luar biasa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk memberi penjelasan.

Dokter Suryo yang juga anggota dari Perhimpunan Spesialis Kedokteran Indonesia (Perdoki) berharap di era digital ini, sangat penting bagi masyarakat untuk pintar-pintar memilah mana yang benar-benar fakta, bukan hanya yang dianggap benar.

"Sebagai pihak yang mengetahui faktanya pun, sudah menjadi kewajiban untuk meluruskan derasnya alur informasi digital yang juga akan membantu pemerintah memberantas hoaks,"  tuturnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

firstincare.com

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:00 WIB
Untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Cerita Bambang Brodjonegoro jadi Menristek Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:50 WIB
Bambang Brodjonegoro menceritakan sempat mengusulkan agar kementeriannya kembali menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi...
MI/Dok Kemenag RI

Arab Saudi Belum Beri Sinyal Soal Haji, Kemenag Tetap Persiapan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:10 WIB
Plt Dirjen PHU Khoirizi H Dasir menyampaikan sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat informasi dari Arab Saudi terkait...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya