Kamis 04 Maret 2021, 22:33 WIB

Indikator Ini bikin Jokowi Yakin Penanganan Covid-19 Makin Baik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Indikator Ini bikin Jokowi Yakin Penanganan Covid-19 Makin Baik

Antara/M.Risyal Hidayat
Petugas medis berjaga di area perawatan pasien Covid-19

 

PRESIDEN Joko Widodo optimistis penanganan covid-19 di Tanah Air akan semakin baik ke depannya.Optimisme tersebut didasarkan pada beberapa indikator. Pertama, angka kasus positif harian semakin turun dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya, pada Januari, jumlah kasus harian sempat menyentuh 14 ribu. Kemudian, pada 22 Februari, setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan, kasus harian tercatat turun ke angka 10 ribu. Hingga akhirnya, pada 3 Maret, kasus positif tercatat hanya sebanyak 6 ribu.

"Angka-angka seperti itu kalau kita lihat semakin turun. Kita harus tetap waspada agar kasus harian semakin turun tanpa mengurangi tes yang dilakukan setiap harinya," ujar Jokowi, Kamis (4/3).

Indikator kedua adalah angka kasus aktif. Per 3 Maret, rata-rata kasus aktif di Tanah Air hanya 11,1%, jauh di bawah rata-rata kasus aktif dunia yang masih di level 18,85%.

Baca juga : Presiden Targetkan 40 Juta Warga Tervaksinasi Covid-19 pada Juni

Kemudian, dari sisi tingkat kesembuhan, rata-rata di Indonesia mencapai 86,18%, lebih tinggi dari rata-rata tingkat kesembuhan dunia yang hanya 78,93%.

Satu hal yang masih harus diperbaiki adalah tingkat kematian. Rata-rata kematian akibat covid-19 di Tanah Air masih sebesar 2,7%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata kematian dunia yang berada di level 2,2%.

"Ini yang harus kita perhatikan. Kita harus kerja keras agar angka kematian Indonesia berada di bawah angka kematian dunia. Tetapi angka ini juga sudah jauh baik dibandingkan awal awal pandemi. Kerja keras kita memberi hasil baik," jelas kepala negara. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Ramadan Makin Cakep Bersama RTV

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 13:19 WIB
Mengambil tema Ramadan Makin Cakep tayangan program terbarunya membuat puasa lebih bersemangat dengan kajian Islam memperkuat...
MI/ANDRI WIDIYANTO

KSP Pastikan Transisi Pengelolaan TMII Berjalan Transparan

👤Nur Azizah 🕔Selasa 13 April 2021, 12:39 WIB
Sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah, pemerintah menyiapkan tiga bulan untuk...
ANTARA/Fauzan

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Usia di Atas 60 Tahun Masih Rendah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 13 April 2021, 12:33 WIB
Cakupan vaksinasi lansia masih rendah yakni sekitar 2 juta jiwa, lebih rendah jika dibandingkan cakupan vaksinasi petugas publik yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya