Jumat 19 Februari 2021, 12:25 WIB

Badan POM Segera Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Faustinus Nua | Humaniora
Badan POM Segera Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin AstraZeneca

AFP/Johan Nilsson.
Vaksin covid-19 AstraZeneca.

 

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Penny K Lukito mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera menerbitkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca.

"InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan kami sudah bisa mengeluarkan emergency use authorization-nya dan segera vaksin tersebut bisa masuk," ungkapnya dalam konferensi pers Penelitian Recovery Universitas Indonesia, Jumat (19/2).

Meski demikian, Penny mengatakan izin yang akan diterbitkan tersebut tidak berlaku untuk semua vaksin AstraZeneca yang nanti masuk ke Tanah Air. Artinya, EUA kali ini diterbitkan untuk AstraZeneca yang masuk melalui jalur Covax.

"Yang bilateral sedang berproses. Itu karena diproduksi oleh fasilitas yang berbeda. Nanti ada proses tersendiri lagi ya untuk EUA-nya," jelasnya.

Lebih lanjut, vaksin AstraZeneca yang masuk melalui skema COVAX sudah diterbitkan emergency use listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan POM sudah menerima data-datanya dan tengah berproses.

Dengan kehadiran vaksin asal Inggris tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan. Ujungnya, vaksin dapat mempercepat program vaksinasi nasional untuk mencapai 70% populasi sebagaimana menjadi syarat herd immunity. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Kemendikbud

Majalah DIKTI Raih Silver Winner di InMA 2021

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 25 Februari 2021, 00:18 WIB
penghargaan itu menjadi pemicu agar ke depan Ditjen Dikti terus memberikan informasi lebih banyak lagi dan juga dibutuhkan oleh...
Dok. UBL

Terapkan Prokes, UBL Gelar Wisuda Tatap Muka Selama 5 Hari

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 25 Februari 2021, 00:16 WIB
Wisuda offline dibagi menjadi tiga sesi, setiap sesinya diberlakukan untuk penyemprotan disinfektan pada area gedung sebagai bentuk...
Dok. Pribadi

Aklamasi, Abdul Ghoni pimpin Forkabi 2021-2026

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 25 Februari 2021, 00:14 WIB
Abdul Ghoni dipastikan memimpin ogranisasi setelah secara bulat terpilih dalam Musyawarah Besar (Mubes) DPP Forkabi pada 20-21 Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya