Rabu 17 Februari 2021, 11:45 WIB

Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan 5 Cara Ini

Zubaedah Hanum | Humaniora
Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan 5 Cara Ini

MI
Ilustrasi

 

PARU-PARU adalah salah satu organ vital dalam tubuh karena paru-paru memiliki peran yang begitu besar untuk menunjang kehidupan. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan.
 
1. Jangan Merokok
Dikutip dari Lung.org, merokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit pernapasan. Sehingga, menyebabkan peradangan kronis, atau pembengkakan di paru-paru yang dapat menyebabkan bronkitis kronis.

Seiring waktu asap rokok menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang berkembang menjadi kanker. Jika saat ini Anda merokok, tidak ada kata terlambat untuk menghentikannya.

- Hindari paparan polutan dalam ruangan.
- Hindari hal-hal yang yang mengganggu paru-paru seperti asap rokok, bahan kimia di rumah dan tempat kerja.
- Buatlah rumah dan mobil bebas asap rokok.
- Hindari berolahraga di luar ruangan saat cuaca buruk.

2. Minimalkan paparan polusi udara luar ruangan
Kualitas udara di luar dapat bervariasi dari hari ke hari dan terkadang situasi tertentu  membuat sulit untuk bernapas dengan nyaman. Mengetahui bagaimana polusi udara luar ruangan memengaruhi kesehatan dan strategi yang berguna untuk meminimalkan paparan yang berkepanjangan dapat membantu Anda dan keluarga tetap sehat. Perubahan iklim dan bencana alam juga dapat berdampak langsung pada kesehatan paru-paru.

3. Mencegah Infeksi
Pilek atau infeksi saluran pernapasan lainnya terkadang bisa menjadi sangat serius. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Hindari keramaian selama musim flu dan di masa pandemi covid-19 ini.

Kebersihan mulut yang baik dapat melindungi Anda dari kuman di mulut yang menyebabkan infeksi. Lakukan sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan temui dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

Lalu, dapatkan vaksinasi setiap tahun untuk melawan influenza dan penyakit lainnya. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui apakah vaksin pneumonia tepat untuk Anda. Jika sakit, lakukan isolasi mandiri. Lindungi orang-orang di sekitar sampai merasa lebih baik.

4. Periksa kesehatan secara rutin
Pemeriksaan rutin membantu mencegah penyakit, bahkan saat Anda merasa sehat. Hal ini terutama berlaku untuk penyakit paru-paru, yang terkadang tidak terdeteksi hingga menjadi serius.

5.Olahraga
Aktif secara fisik dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Maka, berolahragalah secara rutin (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

Dok Paujan Azim

Berlatih Kaligrafi Di Tengah Pandemi

👤Paujan Azim, Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Fasilitator Pembelajaran Tanoto Foundation 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 22:15 WIB
Selama masa pandemi sistem PJJ menjadi salah satu alternatif solusi, meski bukan berarti tanpa...
Antara/Oky Lukmansyah

Pemanfaatan Ruang Efektif Kurangi Dampak Bencana Hidrometeorologi

👤SuryaniWandarai Putri Pertiwi 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 21:15 WIB
inisiasi ini didukung oleh beberapa pihak, misalnyua Kementerian ATR/BPN yang memiliki Inspektur tata ruang yang akan mengawasi dan...
DOK KEMENTRIAN KOMINFO

Menkominfo Targetkan ASO Kurang Lebih 20 Bulan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 20:56 WIB
Menurut Menteri Kominfo melalui migrasi ke televisi digital, ketidakefisienan akan teratasi melalui infrastructure sharing dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya