Kamis 04 Februari 2021, 15:51 WIB

MUI: Aturan Seragam Lewat SKB 3 Menteri Bikin Indonesia Sekuler

Syarief Oebaidillah | Humaniora
MUI: Aturan Seragam Lewat SKB 3 Menteri Bikin Indonesia Sekuler

MI/PIUS ERLANGGA
Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas

 

WAKIL Ketua Umum MUI Anwar Abbas mewanti wanti kebijakan SKB 3 menteri tentang seragam menjadikan Indonesia sebagai negara sekuler. Indonesia harusnya menjadi negara yang religius, bukan mengarah ke sekuler.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah ini, NKRI  yang kita cintai ini seperti dikatakan dalam UUD 45 pasal 29 ayat 1 adalah berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. "Ini artinya negara kita harus menjadi negara yang religius bukan negara yang sekuler," ujarnya.

Untuk itulah, lanjut Anwar, baik itu Undang Undang dan peraturan serta kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan DPR dalam semua bidang kehidupan  termasuk dalam  dunia pendidikan harus didasarkan dan berdasarkan kepada nilai-nilai dari ajaran agama.

Baca juga: Polri Pastikan Belasan Teroris dari Makassar Anggota FPI

Oleh karena itu, lanjut dia, terkait  pakaian seragam anak sekolah karena  para siswa dan siswi kita tersebut  masih berada dalam masa formatife atau pertumbuhan dan perkembangan harusnya tidak dibebaskan, namun diarahkan menjadi anak yang baik.

Untuk itu  negara atau dalam hal ini pihak sekolah bukannya membebaskan muridnya yang belum dewasa tersebut untuk memilih apakah akan memakai pakaian yang sesuai atau  tidak sesuai dengan agama dan keyakinannya tapi negara atau sekolah harus mewajibkan  anak-anak didiknya agar  berpakaian sesuai dengan ajaran agama dan keyakinannya masing-masing.

"Sehingga tujuan dari sistem pendidikan nasional yang kita canangkan yaitu untuk membuat  peserta didik  bisa menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan seterusnya dapat tercapai, " pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Kemenkes Pantau Kebijakan Pelonggaran Masker, Menkes : Jadi Prasyarat Pelonggaran Berikutnya

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 29 Mei 2022, 18:30 WIB
Kalau hasilnya baik, lanjut Budi, mudah-mudahan bisa secara bertahap dilakukan...
AFP/Juni Kriswanto

Musim Panas di Arab Saudi saat Ibadah Haji, Menag Minta Jemaah Jaga Kesehatan dan Fisik

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 29 Mei 2022, 17:45 WIB
Ia menyebut, kondisi seperti itu setidaknya akan berlangsung selama 7 tahun ke depan kemudian baru cuaca akan kembali...
Ist

Ekonomi Sirkular dan Bisnis Berkelanjutan Jadi Kunci Pelestarian Bumi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 17:41 WIB
Ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada reducing, reusing, dan recycling yang mengarah pada pengurangan konsumsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya