Selasa 08 Desember 2020, 15:00 WIB

Pendaftaran Produk Vitamin Berbasis Tanaman Obat Melonjak 236%

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Pendaftaran Produk Vitamin Berbasis Tanaman Obat Melonjak 236%

Antara
Kepala Badan POM Penny K Lukito

 

PANDEMI covid-19 menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui asupan vitamin maupun suplemen tambahan. Tingginya animo masyarakat itu tercermin dalam pendaftaran izin edar produk vitamin maupun suplemen yang melonjak sepanjang periode Januari-Agustus 2020.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengaku, telah menerbitkan nomor izin edar (NIE) Januari-Agustus 2020, masing-masing sebanyak 399 untuk suplemen kesehatan, 201 untuk obat tradisional, dan 3 untuk fitomarmaka.

"Aada peningkatan pendaftaran NIE untuk produk suplemen kesehatan atau vitamin berbahan baku tanaman obat. Diantaranya ada lonjakan pengajuan NIE suplemen sebesar 35%, sedangkan pendaftaran NIE untuk produk vitamin naik 236%," ungkap Badan POM dalam rilisnya.

Kepala Badan POM Penny K Lukito mengatakan, produk herbal dan suplemen kesehatan yang memiliki izin edar Badan POM telah melalui evaluasi keamananan, khasiat/manfaat, dan mutu.

"Masyarakat diimbau mengonsumsi produk sesuai dengan klaim khasiat/manfaat yang telah disetujui sebagaimana tercantum pada kemasan produk," kata Penny.

Untuk pengawasan dan menjamin perlindungan terhadap kesehatan masyarakat, masyarakat dapat memastikan produk dengan Nomor Izin Edar (NIE) Badan POM melalui laman https://cekbpom.pom.go.id/ .

Jangan lupa, lakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) terlebih dahulu sebelum mengonsumsi. Konsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila memiliki riwayat penyakit tertentu. (H-2)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya