Rabu 22 Juli 2020, 19:18 WIB

Inilah Lima Langkah Jaga Kesehatan di Era New Normal

Eni Kartinah | Humaniora
Inilah Lima Langkah Jaga Kesehatan di Era New Normal

Antara
Konsumsi nutrisi yang tepat dan olahraga yang teratur merupakan komponen penting dalam menghadapi era new normal.

 

PENERAPAN langkah-langkah pencegahan Covid-19 berangsur menjadi kebiasaan baru bagi sebagian masyarakat. Seperti, memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menghindari kontak fisik, dan jaga jarak. Namun, langkah pencegahan itu perlu dilengkapi dengan asupan nutrisi memadai dan olahraga cukup.

“Konsumsi nutrisi yang tepat dan olahraga yang teratur merupakan komponen penting dalam menghadapi era kebiasaan baru,” ujar pakar gizi dan fitness, Susan Bowerman, melalui siaran pers.

Lebih lanjut, Susan yang juga Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition itu memaparkan 5 tips menjaga kesehatan dalam menghadapi masa new normal. Pertama, utamakan persediaan makanan sehat .

Data menunjukkan selama masa pandemi penjualan makanan siap saji atau instan meningkat. Produk seperti mi instan, nugget ayam, kue, makanan ringan laris di pasaran. “Sebaiknya, utamakan makanan sehat seperti buah dan sayuran dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru ini,” ujarnya.

Kedua, lanjut Susan, tingkatkan konsumsi protein. Protein sangat penting untuk tubuh dalam mendukung kesehatan tulang, otot, jaringan ikat dan rambut. Lebih dari itu, tubuh kita membutuhkan protein untuk memproduksi zat khusus seperti antibodi daya tahan tubuh, enzim, dan hormon. 

Ketiga, teningkatkan konsumsi flavanoid. Flavonoid adalah kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, khususnya dalam teh, coklat, apel, beri, dan anggur. Salah satu jenisnya ialah flavanol. Yakni, antioksidan aktif yang juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan fungsi kognitif tubuh.

“Saat ini, semakin banyak perusahaan, termasuk Herbalife Nutrition, sedang melakukan penelitian baru untuk menggabungkan flavanol dari kakao dan teh ke dalam makanan dan minuman sebagai suplemen tubuh,” terangnya.

Keempat, tetap berolahraga. Banyak fasilitas olahraga dan taman ditutup atau dibuka namun dengan akses terbatas. Meski demikian, ada cara kreatif untuk tetap berolahraga yang efektif dan menyenangkan.

Seperti, mengikuti kelas yoga secara online, atau melakukan aktivitas naik turun tangga, lompat tali, aerobik bersama keluarga di rumah untuk melepaskan kalori. “Anda dapat melakukan olahraga sederhana cukup di rumah secara rutin untuk dapat meregangkan dan memperkuat tubuh,” saran Susan.

Kelima, belajarlah untuk meredakan stres. Efek pandemi dan ketidakpastian ekonomi menyebakan stres yang luar biasa. Menjaga tingkat stres tetap rendah sangat penting untuk kesehatan jiwa raga.

“Pandemi ini telah menyebabkan risiko stres meningkat. Anda harus menemukan cara untuk mengelola kecemasan. Luangkan waktu untuk beristirahat, melatih pernapasan dengan mengikuti kelas yoga online, berjalan jalan dan mengobrol dengan keluarga atau teman-teman Anda,” pungkas Susan. (Eni/OL-09)

Baca Juga

Antara

Update 18 Agustus: 8 Ribu Orang Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

👤MGN 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:38 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 10.286 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...
Antara/Rony Muharrman.

Minuman Keras dan Judi, Waspadai Bahaya Keduanya Menurut Al-Quran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:30 WIB
Dua dosa besar yang telah dilakukan sejak dulu oleh sebagian manusia hingga kini yaitu minum minuman keras (khamr) dan judi....
Antara

Pandemi Terkendali tapi Kewaspadaan Jangan Kendor

👤MGN 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:17 WIB
Wiku mengatakan kewaspadaan tersebut bisa diwujudkan dengan disiplin protokol kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya