Rabu 01 April 2020, 16:45 WIB

BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Antara/Asep Fathulrahman
Dua anak kecil melintasi banjir di Kampung Margasana, Serang, Banten.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumah wilayah masih dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan kilat dalam tiga hari mendatang.

Humas BMKG, Taufan Maulana, mengatakan daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Banten, Laut Jawa bagian Timur, Selat Karimata dan Laut Banda.

Konvergensi terjadi memanjang dari Laut Maluku, Laut Seram, hingga Papua Barat, serta di Papua bagian utara yang memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

"Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di beberapa wilayah," kata Taufan, Rabu (1/4).

Kawasan itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: BMKG Prediksi Pola Hujan 2020 Normal

Sementara untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat pada Rabu (1/4) ini, yaitu Sumatra Utara, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Kondisi ini masih berlangsung hingga Kamis (2/4) besok, untuk wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya pada Jum’at (3/4), wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara masih, berpotensi dilanda hujan lebat.

Sedangkan hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini, yakni di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Baca juga: Status Darurat Bencana Covid-19 Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua, hingga Kamis (2/4) besok.

Untuk wilayah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Maluku dan Papua, diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jum’at (3/4) mendatang.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang, untuk selalu berhati-hati. "Masyarakat yang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tutur Taufan.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Kemenag

Wamenag: Santri Abad 21 Harus Melek Literasi Digital 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:04 WIB
“Santri abad ke-21 harus memiliki keterampilan literasi digital (digital literacy), di samping literasi baca tulis, literasi...
Dok. UNJ

UNJ Gelar Sarasehan Bahas Polemik tentang Statuta Baru Pemberian Gelar Kehormatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:02 WIB
Rektor UNJ Komarudin mengatakan, setelah sempat ramai di media massa, pada kesempatan sarasehan itu, ia mengajak semua duduk bersama dalam...
Antara

Pemprov DKI Klaim Kesiapan Hadapi Hidrometeorologi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:48 WIB
BMKG memberikan peringatan bahwa bencana hidrometeorologi akan datang lebih awal di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya