Rabu 11 Januari 2023, 18:33 WIB

Peluncuran Indonesia Leadership Studies Semarakkan Kolaborasi Wujudkan Transisi Energi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Peluncuran Indonesia Leadership Studies Semarakkan Kolaborasi Wujudkan Transisi Energi

Dok. ILS
Peluncuran (soft launching) Indonesia Leadership Studies

 

TRANSISI energi menjadi salah satu isu utama yang Pemerintah Indonesia depankan dalam berbagai agenda nasional maupun internasional. Sebagai contoh, perhelatan G20 yang diadakan di Bali November lalu menghasilkan kerja sama jutaan dolar berupa Just Energy Transition Partnership (JETP) dalam rangka akselerasi pendanaan transisi energi. 

Alasannya jelas, sektor energi mengarah pada pembangunan suatu negara, tergantung pada pengelolaan sumber daya yang dipilih oleh pemerintahnya. Laporan International Energy Agency (IEA) menjabarkan bahwa sektor energi membuka lapangan pekerjaan yang luas dan berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi. 

Dalam hal ini, energi terbarukan memiliki peranan penting, sebab rendahnya emisi gas rumah kaca yang dihasilkan menggerakan berbagai pihak untuk menggalakan transisi, baik pemerintah, pengusaha, hingga individu. 

Semangat tersebut juga dirasakan pada peluncuran Indonesia Leadership Studies (ILS) pada 10 Desember 2022. Kegiatan yang didukung oleh PT PLN Persero ini diadakan di Cikajang, Jakarta Selatan. 

Ketua ILS Bagas Kurniawan menegaskan urgensi transisi energi di Indonesia dan memberikan gambaran implementasi EBT di Indonesia. Terlebih, negara-negara di dunia sedang mendorong net zero emission di sektor energi.

“Dibahasnya transisi energi di skala G20 dan global menandakan bahwa dunia bersiap-siap untuk berubah dan ILS menjadi katalisator untuk menyambutnya,” ujar Bagas.

Baca juga : Dibayangi Lonjakan Stok, Harga Minyak Diprediksi Meredup

General Manager PT PLN Persero Rio Andrianto memaparkan mengenai rencana transisi PLN dalam jangka pendek maupun panjang. Langkah-langkah yang tertuang dalam rencana tersebut meliputi pemensiunan PLTU, implementasi biomassa sebagai campuran batu bara dengan harapan menurunkan emisi, peningkatan kapasitas energi terbarukan, pengembangan ekosistem mobil listrik.

Mantan Anggota DEN dan Anggota Research Group for Energy Transition 2050 Rinaldy Dalimi membahas mengenai Net Zero Emission dan skenario-skenario tata kelola kelistrikan dunia dari segi keteknikan. Salah satu inti pemaparan ini menekankan bahwa semakin banyak individual power producers, semakin berkurang beban listrik PLN. 

'Konsep individual power producers merupakan keniscayaan yang akan memperkecil sistem tenaga listrik, membuatnya jauh lebih ekonomis daripada sistem yang lebih besar," kata Rinaldy.

Akademisi FEB UP Muhamamd Fadli Hanafi mengatakan, 60% pembangkitan energi di Indonesia masih didominasi oleh PLTU batu bara yang disertai dengan peningkatan 8% emisi per tahunnya. 

Peluang sektor EBT dalam bentuk penurunan levelized cost of energy (LCOE) serta potensinya yang melimpah membuat transisi energi feasibel di Indonesia. Nyatanya, Indonesia masih tertinggal dalam kapasitas PLTS terpasang dari Thailand dan Vietnam. Lebih lanjut, terjadi peningkatan hingga 157x pada kapasitas PLTS Terpasang Vietnam dari tahun 2018-2020.

Kegiatan itu disambut dengan antusiasme tinggi dari para peserta, yang berjumlah hingga 60 orang yang berasal dari berbagai kalangan. Harapannya, soft launching ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus wadah kolaboratif untuk memajukan diskursus transisi energi, baik di kalangan akademisi hingga masyarakat umum. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Converse

Koleksi Musim Semi 2023 Converse Tonjolkan Gaya Futuristik dan Inovatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:22 WIB
Chuck Taylor All Star Construct yang tetap setia mengusung DNA Chuck dengan ciri khas khusus, namun dengan beberapa elemen yang...
Ist

Kuasa Hukum Dua Perusahaan Minta Pailit BUMN PT Istaka Karya Dibatalkan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:07 WIB
Amos Cadu Hina menilai BUMN PT Istaka Karya masih meninggalkan sejumlah utang puluhan miliar rupiah dari subkontraktor dan suplier...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Menteri BUMN Fokus Tingkatkan Kedaulatan Pangan dan Energi Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:36 WIB
Terbaru, Erick Thohir membentuk Sugar Co untuk menjaga ketahanan pangan dan energi di tengah ancaman ketidakpastian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya