Kamis 22 September 2022, 22:55 WIB

BI: Jelang Akhir Kuartal III, Modal Asing Keluar Capai US$600 Juta 

mediaindonesia.com | Ekonomi
BI: Jelang Akhir Kuartal III, Modal Asing Keluar Capai US$600 Juta 

Antara
Foto udara suasana pembangunan proyek LRT di kawasan Kuningan, Jakarta.

 

BANK Indonesia (BI) melaporkan terdapat modal asing keluar bersih alias net outflow di pasar keuangan Indonesia dalam bentuk investasi portofolio. Tepatnya, sejak awal hingga menuju akhir kuartal III 2022, yakni 1 Juli-20 September 2022.

"Tekanan dari sisi arus modal asing, terutama dalam bentuk investasi portofolio, masih terjadi di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (22/9).

Baca juga: BI Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,25%

Adapun keluarnya modal asing menyebabkan depresiasi nilai tukar rupiah. Meskipun, stabilitas kurs Garuda tetap terjaga di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan.

Perry menjelaskan nilai tukar rupiah pada 21 September 2022 terdepresiasi 1,03%, jika dibandingkan dengan akhir Agustus 2022 (point-to point/ptp). Nilai tukar yang terjaga ditopang oleh pasokan valas domestik.

Lalu, persepsi positif terhadap prospek perekonomian nasional dan langkah stabilisasi oleh Bank Sentral. Dengan demikian, mata uang Garuda hingga 21 September 2022, terdepresiasi 4,97% dibandingkan level akhir 2021 (year-to-date/ytd).

Baca juga: ADB Revisi Proyeksi Ekonomi RI, Tahun Ini Tumbuh 5,4%

Penurunan rupiah dibandingkan akhir tahun lalu, dinilai relatif lebih baik dari depresiasi mata uang sejumlah negara berkembang. Seperti, India sebesar 7,05%, Malaysia 8,5% dan Thailand 10,07%.

"BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan nilai fundamentalnya. Untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dan stabilitas makroekonomi," jelas Perry.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Masa Depan Industri Pertambangan Menjanjikan

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 29 September 2022, 12:07 WIB
Dari berbagai jenis pertambangan yang ada di Indonesia pertumbuhannya terbilang cukup masif dan menunjukkan hasil yang terus...
Ist

Ditjen Hubungan Darat Siap Optimalkan Layanan Perintis di Maluku

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 11:57 WIB
Kemenhub akan terus mengoptimalkan layanan perintis di daerah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan...
DOK/HIPMI KEPULAUAN SERIBU

Rakercab Hipmi Kepulauan Seribu Sepakat Dukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata dan Logistik

👤Media Indonesia 🕔Kamis 29 September 2022, 11:15 WIB
Bupati Junaedi berharap  Hipmi dapat menghasilkan program kerja untuk mendukung pengembangan Kepulauan Seribu menjadi Kawasan Ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya