Rabu 31 Agustus 2022, 14:42 WIB

Kemnaker Matangkan Proses Penyaluran BSU Tahun Ini

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kemnaker Matangkan Proses Penyaluran BSU Tahun Ini

Antara
Potret pekerja menyelesaikan pembangunan gedung perkantoran.

 

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pihaknya terus menyiapkan berbagai langkah percepatan penyaluran Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) pada 2022. Berbagai persiapan terus dimatangkan untuk menjamin BSU tersalurkan secara cepat, tepat dan akuntabel.

“Kemnaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September ini,” ungkap Ida dalam keterangannya, Rabu (31/8).

Adapun langkah yang tengah dimatangkan pemerintah, yakni penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana BSU. Lalu, memfinalkan regulasi berupa Peraturan Menaker tentang Penyaluran BSU.

Baca juga: Perpusnas: Orang-orang di Desa tidak Cukup hanya Diberi Buku

Serta, berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait pemadanan data. Misalnya, berkoordinasi dengan BKN, TNI dan Polri, agar BSU ini tidak tersalurkan ke ASN, anggota TNI, maupun anggota Polri.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait data calon penerima BSU. Koordinasi dengan Bank Himbara dan Pos Indonesia juga dijalin terkait teknis penyaluran BSU.

Baca juga: Pembebasan Pungutan Ekspor Sawit Diperpanjang Sampai Akhir Oktober

“Pada hakikatnya Kemnaker akan mempercepat proses ini untuk menjamin ketepatan dan akuntabilitas penyaluran BSU tersebut,” imbuhnya.

BSU pada 2022 merupakan salah satu bantalan sosial yang dikeluarkan pemerintah. Sesusai Instruksi Presiden Joko Widodo, BSU bertujuan membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan. Total anggaran BSU pada tahun ini sebesar Rp9,6 triliun. 

Melalui program BSU, masing-masing penerima akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu. “Kebijakan ini diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat, yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global,” papar Ida.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...
MI/ Dwi Apriani

Penjelasan PLN Soal Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:59 WIB
Salah satunya karena gardu listrik terendam air akibat intensitas hujan tinggi. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya