Senin 29 Agustus 2022, 13:44 WIB

DPR Apeesiasi Kementan Atas Raihan WTP dan Capaian Swasembada Beras

Mediaindonesia.com | Ekonomi
DPR Apeesiasi Kementan Atas Raihan WTP dan Capaian Swasembada Beras

MI/Ahmad Yakub
Mentan Syahrul yasin Limpo saat panen raya Sorgum di Lamongan, Jawa Timur

 

ANGGOTA Komisi IV DPR RI yang juga politisi Partai Gerindra, Endang Setyawati Thohari mengapresiasi kerja keras Jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya berturut-turut. 

Menurut dia, penghargaan tersebut merupakan kado istimewa bagi bangsa Indonesia dalam membangun sektor pertanian maju, mandiri dan modern.

"Apresiasi kepada Bapak Menteri Pertanian yang selalu dapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian," ujar Endang dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Menteri Kehutanan di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (29/8)

Selain itu, Endang juga mengapresiasi penghargaan Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang menyatakan bahwa Indonesia sebagai negara swasembada. Bagi Endang, penghargaan tersebut adalah prestasi luar biasa karena dicapai dalam tiga tahun Berturut-turut.

"Tentu saja IRRI memberikan penghargaan sekarang ini berarti kan ada kerja keras dari Bapak Menteri dan jajaran di Tahun 2021, khususnya tentang inovasi-inovasi teknologi," ujarnya.

Senada, Anggota Komisi IV lainya dari Partai PDIP, Yohanis Fransiskus Lema juga menyampaikan apresiasi atas capaian WTP yang diraih Kementan selama enam tahun berturut-turut. Bagi Lema, pertanian merupakan penolong bangsa karena mampu menghadirkan manfaat yang luar biasa.

Baca juga : Kementan Gemakan Program Jaga Pangan Untuk Kawal Ketahanan Pangan di Wilayah Perbatasan

"Fraksi kami (PDIP) ingin memberikan apresiasi atas capaian prestasi WTP yang dicapai kementan selama enam tahun berturut-turut. Saya juga berterima kasih karena waktu reses itu yang memberikan muka kepada adalah program Alsintan, P2L, Bimtek, dan seterusnya. Ini harus saya katakan terbuka karena program-program di 2021 yang dilakukan kementan itu cukup kuat dalam memberikan keberpihakkan dan pemberdayaan kepada para petani kecil," beberanya.

Sementara itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Haerudin menyampaikan terimakasih atas kinerja yang cukup baik dari jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, pertanian dibawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo telah menunjukan kinerja yang bagus, dimana kebutuhan pangan selama pandemi mampu tercukupi dengan baik.

"Perjalanan yang berharga bagi kita adalah kita bisa surplus ditengah-tengah badai bencana Covid ini. Anggaran terbatas tapi kita mampu mendorong sektor pertanian begitu besar dan kita surplus, dan mudah-mudahan surplus ini menjadi pertanda kemajuan petani kita ke depan," jelasnya.

Politisi PKB, Edward Tannur meminta agar semua capaian dan prestasi yang dicapai tersebut mampu ditingkatkan secara baik. Yang pasti, kata dia, pertanian dibawah pimpinan SYL mampu mencapai target secara terukur sehingga Indonesia berhasil mewujudkan swasembada.

"Kita patut bersyukur bahwa kementan mampu melebihi target, itu betul-betul suatu prestasi disaat kita lagi kesulitan anggaran, lagi dilanda covid tapi masih bisa memberikan penghasilan atau kemajuan yang cukup baik apalagi kita mendapatkan penghargaan dari IRRI tentang kemandirian pangan, itu sangat positif bagi Indonesia. Hanya saja memang semua itu perlu ditingkatkan lagi," katanya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

KKP Resmikan Integrated Maritime Intelligent Platform

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 23:27 WIB
Peresmian infrastruktur teknologi ini mendukung program Ekonomi Biru. Serta, menjaga kesehatan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi...
Antara

Pengamat: BLT BBM tidak Bisa Selamatkan Rakyat dari Jurang Kemiskinan

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:17 WIB
Pengamat dari Core menilai BLT BBM hanya bersifat sementara untuk bermasyarakat. Serta, tidak berdampak signifikan pada ekonomi...
MI/Andri Widiyanto

BSI: Pengembangan Sektor Syariah di Indonesia tidak Mudah

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 22:59 WIB
Meski penduduk Muslim di Indonesia lebih dari 220 juta orang, namun literasi atau pemahaman terkait perbankan syariah tergolong rendah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya