Rabu 10 Agustus 2022, 14:50 WIB

Mendagri Minta Kepala Daerah Pantau Harga Pangan Lewat TPID

Indriyani Astuti | Ekonomi
Mendagri Minta Kepala Daerah Pantau Harga Pangan Lewat TPID

MI/Andri Widiyanto
Pekerja mengangkut sayuran di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk menggerakkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan. 

Tujuannya, memantau harga pangan dan laju kenaikan harga barang pokok. Menurut Mendagri, wali kota berperan penting dalam mengendalikan inflasi di daerah. Sebab, sebagian besar masyarakat bermukim di wilayah kota.

“Political will (kemauan politik) saja sudah bagus. Kalau mau turun langsung ke teknis, memberikan penjelasan dan memberikan arahan kepada Tim TPID dan Satgas Pangan, jempol dua,” ujar Tito dalam keterangannya, Rabu (10/8)

Apabila ditemukan kenaikan harga yang signifikan, pemerintah daerah (pemda) diimbau melapor dan mengecek penyebab kenaikan harga. Jika kenaikan harga akibat kurangnya suplai, pemda dapat memetakan penanganan. Pemda perlu mencari cara, termasuk bekerja sama dengan daerah lain yang stoknya berlimpah.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bisa membuat grup di aplikasi Whatsapp. Melalui grup tersebut, lanjut Mendagri, para kepala daerah dapat mengetahui harga suatu komoditas di daerah lain. Termasuk, membandingkannya dengan produksi daerahnya sendiri.

Dirinya berharap pemda dapat memetakan penyebab inflasi yang bisa diakibatkan persoalan distribusi. Misalnya, karena tindakan penimbunan. Kerja sama juga bisa dengan melibatkan aparat keamanan, hingga penegak hukum. Namun, Tito meminta pemda melakukan pendekatan persuasif kepada pihak yang diduga melakukan penimbunan.

“Kalau seandainya persuasif enggak bisa, ya koersif, penegakan hukum,” pungkas Tito.(OL-11)


 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Perkuat UMKM, Sinar Mas Land Berikan Pelatihan dan Pendampingan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:49 WIB
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam menopang perekonomian nasional, sehingga peningkatan daya...
dok.ant

Oke ungkap Penyebab Krisis Minyak Goreng pada Januari lalu

👤Sri Utami 🕔Kamis 29 September 2022, 23:40 WIB
MANTAN Dirjen Perdagangan Dalam Negeri pada Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengungkapkan penyebab kelangkaan minyak goreng selama...
MI/BAYU ANGGORO

Tokopedia Bantu 12 Juta UMKM dengan Beragam Aplikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 29 September 2022, 23:25 WIB
Sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya