Kamis 07 Juli 2022, 21:35 WIB

Samsung Electronics Perkirakan Laba Kuartal II Naik 11,4%

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Samsung Electronics Perkirakan Laba Kuartal II Naik 11,4%

AFP/Jung Yeon-je.
Orang-orang berjalan melewati logo Samsung yang dipajang di pintu kaca di gedung perusahaan Seocho di Seoul pada 7 Juli 2022.

 

SAMSUNG Electronics memperkirakan laba operasi pada kuartal kedua akan naik 11,4%. Padahal rantai pasokan global sedang mengalami kesengsaraan.

Pembuat smartphone terbesar di dunia itu memperkirakan laba operasi kuartal kedua 2022 sekitar 14 triliun won (US$10,7 miliar). Angka ini naik dari 12,6 triliun won pada kuartal yang sama tahun lalu. 

Raksasa teknologi Korea Selatan itu mengatakan dalam pernyataan, Kamis (7/7), memperkirakan penjualan pada periode April-Juni meningkat 21% menjadi 77 triliun won. Angka tersebut akan mewakili penurunan dari penjualan kuartal pertama sebesar 77,8 triliun won.

Analis mengatakan Samsung terbantu oleh kinerja kuat yang berkelanjutan dalam bisnis cip memori. Ini menutupi penurunan penjualan smartphone selama periode tersebut.

"Pengiriman smartphone Samsung untuk kuartal kedua diperkirakan lebih dari 60 juta unit. Ini lebih buruk dari yang diperkirakan," tutur Park Sung-soon, seorang analis di Cape Investment Sekuritas.

Samsung mengirimkan 74,5 juta smartphone pada kuartal pertama, menurut perusahaan riset global Counterpoint. Ini menduduki puncak pasar pengiriman global dengan 23% yang disusul oleh Apple 18%.

Baca juga: Shell Bergabung dengan Proyek Gas Raksasa Qatar

Dengan cip memori yang sekarang digunakan di berbagai perangkat dan server cloud--penting untuk kerja jarak jauh di era pandemi--sektor ini menjadi kurang bergantung pada permintaan gadget yang didorong oleh musim seperti smartphone dan laptop. Namun kekhawatiran tumbuh atas ketidakpastian dalam prospek ekonomi global karena perang yang sedang berlangsung Rusia di Ukraina dan meningkatnya kekhawatiran resesi didorong oleh tekanan inflasi.

Dalam keadaan seperti itu, akan, "Sulit bagi permintaan konsumen untuk gawai untuk meningkat dalam beberapa bulan mendatang," kata Park. 

Samsung Electronics ialah anak perusahaan unggulan dari grup raksasa Samsung. Sejauh ini perusahaan itu merupakan kerajaan terbesar yang dikendalikan keluarga yang dikenal sebagai chaebol yang mendominasi bisnis di Korea Selatan.
Omzet keseluruhan konglomerat ini setara dengan sekitar seperlima dari produk domestik bruto Korea Selatan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

DOK situs web State Street.

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk ETF State Street

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:07 WIB
Saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF) atau paket saham yang dikelola manajemen investasi...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Suharso Monoarfa Mendapat Tugas Baru dari Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 21:35 WIB
Presiden Jokowi menunjuk Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebagai koordinator pelaksana pada Dewan Pengarah Nasional untuk pencapaian...
Antara

Mendag: Presiden Setuju Kucurkan Rp100 Triliun untuk Serap Produk Petani

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 25 September 2022, 21:23 WIB
Menurut Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan, usulan itu dapat mendorong peningkatan kesejahteraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya