Kamis 30 Juni 2022, 18:29 WIB

QR Code Pembelian BBM Pertamina Melekat di Satu Kendaraan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
QR Code Pembelian BBM Pertamina Melekat di Satu Kendaraan

Antara
Sejumlah kendaraan roda empat mengisi BBM di SPBU Pertamina.

 

PT Pertamina (Persero) memulai uji coba pembatasan pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar dengan mendaftar di situs dan aplikasi MyPertamina.

Setelah mendaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code yang bisa langsung digunakan untuk membeli BBM tersebut. Adapun barcode itu hanya berlaku untuk satu kendaraan saja.

"Pengggunaan QR Code melekat untuk satu kendaraan. Ini untuk mencatat siapa saja yang menggunakan subsidi," jelas Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading Irto Ginting dalam konferensi pers, Kamis (30/6).

Baca juga: Pertamina: Pembelian BBM Lewat Aplikasi Hanya untuk Roda Empat

Untuk mendapatkan barcode tersebut, pengguna harus terlebih dahulu menyiapkan KTP, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), input pelat nomor polisi kendaraan, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.

Lalu, mengakses website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/, cari bagian Subsidi Tepat dan klik bagian Pendaftaran. Untuk waktu pencocokan data, maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan.

Baca juga: Pengamat: Aturan Pertamina Soal BBM Subsidi Sulit Diterapkan

"Setelah menerima QR Code, tunjukkan saat proses pembelian (di SPBU). Baik di handphone atau di print out. QR Code ini melekat ke kendaraan," imbuh Irto.

Dia mengatakan bahwa satu akun pendaftaran bisa digunakan untuk mendapatkan lebih dari QR Code, atau dengan kata lain mendaftarkan lebih dari satu kendaraan.

Pertamina mengimbau masyarakat agar teliti saat menginput data ke situs MyPertamina, agar pembelian Pertalite dan Solar berjalan lancar. "Transaksi melalui QR Code bisa dilakukan sebelum atau sesudah pengisian bensin," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Ponorogo Ekspor 300 Ton Rempah ke India

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:42 WIB
Sejumlah petani di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur kembali mengekspor rempah-rempah dalam volume besar ke India, yang dikirim secara...
Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Perluas Perlindungan Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan Kolaborasi dengan APHTN-HAN

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:31 WIB
BPJAMSOSTEK menggandeng Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) untuk mempercepat perlindungan...
Antara

Validasi Jumlah Pangan Pokok Penting Dibutuhkan di Tengah Ancaman Krisis

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:29 WIB
Perhitungan ini sangat penting dilakukan mengingat semua negara di dunia tengah menghadapi ancaman yang sama, yaitu krisis pangan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya