Sabtu 21 Mei 2022, 14:23 WIB

Moody's Pangkas Peringkat Utang Ukraina, Prospek Negatif

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Moody

AFP.
Bagan yang menunjukkan jadwal pembayaran bunga (kupon) Rusia atas obligasi pemerintah.

 

MOODY'S pada Jumat (21/5) memangkas peringkat utang Ukraina untuk kedua kali dalam tiga bulan. Lembaga pemeringkat itu menurunkan prospek menjadi negatif karena meningkatnya risiko invasi Rusia akan memengaruhi utang negara.

Lembaga pemeringkat itu memangkas peringkat menjadi Caa3, setelah menurunkannya dua tingkat dari B3 pada awal Maret. Negara itu dapat menghadapi konflik militer yang lebih berlarut-larut daripada yang diperkirakan Moody's menyusul invasi pada akhir Februari.

Itu, "Meningkatkan kemungkinan restrukturisasi utang dan kerugian yang dikenakan pada kreditur sektor swasta," kata pernyataan itu. Meskipun dukungan keuangan yang besar dari masyarakat internasional untuk membantu kebutuhan mendesak, "Kenaikan signifikan yang dihasilkan dalam utang pemerintah kemungkinan akan terbukti tidak berkelanjutan dalam jangka menengah," dan dapat, "Menghambat akses lebih lanjut ke pembiayaan resmi."

Kongres AS pada Kamis menyetujui paket bantuan besar US$40 miliar untuk Ukraina untuk membantu memerangi Rusia dan menjaga pemerintah tetap beroperasi. Bantuan ini setelah paket US$14 miliar pada Maret.

Dana Moneter Internasional pada Maret menyetujui paket bantuan $1,4 miliar untuk negara yang dilanda perang itu. Bank Dunia menyetujui pinjaman US$350 juta sebagai bagian dari paket total lebih dari US$700 juta.

Baca juga: Pejabat Amerika Serikat Bahas Investasi Lebih Dalam dengan Taiwan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pemerintahnya membutuhkan US$7 miliar per bulan untuk menjaga perekonomiannya tetap bertahan. Moody's memperkirakan Ukraina menghadapi kebutuhan pembiayaan sekitar US$50 miliar tahun ini.

Badan tersebut memperkirakan ekonomi negara itu akan berkontraksi sebesar 35% tahun ini. Maklum, perang menyebabkan kerusakan besar pada kapasitas produktifnya, di samping banyaknya korban manusia. (OL-14)

Baca Juga

Dok.South Pacific Viscose

South Pacific Viscose Tampilkan Produk Serat Ramah Lingkungan di Indointertex-Inatex 2022

👤Antara 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:27 WIB
Kedua merek serat yang didistribusikan SPV di Indonesia, TENCEL™ dan LENZING™ECOVERO™, berbahan dasar kayu yang...
ANTARA/NOVA WAHYUDI

Pemerintah Ubah Tarif Batas Bawah Bea Keluar CPO

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
"PMK 123 ini mengatur perubahan batas bawah pengenaan tarif bea keluar CPO dan produk turunannya yang semula US$750 per metrik ton...
Dok. JULO

JULO Dorong Inklusi Keuangan Lewat Kolaborasi dengan Maliq & D'Essentials di Lagu Indonesia #SIAPMELESAT

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:53 WIB
Mengusung kampanye Siap Melesat, kolaborasi itu menjadi ajakan positif agar masyarakat Indonesia terus memiliki semangat berkarya untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya