Kamis 14 April 2022, 20:30 WIB

Mendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Mendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Antara
Menteri Perdagangan M Lutfi bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR.

 

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan pemantauan bahan pokok di Pasar Rawamangun, Jakarta, jelang Lebaran pada Kamis (14/4) ini.

Dia bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan, serta Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto.

Lutfi mengungkapkan sebagian besar harga bahan pokok cenderung turun. Pihaknya memastikan agar ketersediaan barang tetap terjaga.

Baca juga: Presiden: ASN-TNI-Polri Segera Dapat THR dan Gaji ke-13

"Hari ini kita melihat ketersediaan bahan pokok ketika Ramadan. Bersiap-siap sebelum hari raya Idulfitri. Bahan pokok stoknya cukup, karena stoknya cukup mudah-mudahan harga bisa terjangkau,” ujar Lutfi.

Dari pantauan Kementerian Perdagangan, harga beras stabil berada di kisaran Rp10.000/kg untuk beras medium dan Rp12.400/kg untuk beras premium. 

Komoditas lain, seperti cabai dan bawang, harganya cenderung turun. Harga cabai merah keriting turun 11,09%, cabai merah besar turun 6,83%, cabai rawit merah turun 22,84%, serta bawang merah turun 5,77%.

Sedangkan, gula pasokannya cukup meskipun harga mengalami kenaikan. Harga gula saat ini berada di kisaran Rp14.700/kg, atau naik 3,52% dibanding bulan sebelumnya. 

Baca juga: Menkeu: Pada 2023, Defisit APBN Kembali di Bawah 3%

“Sementara harga telur dan ayam cenderung turun dan diharapkan terus stabil. Jangan turun terlalu banyak, agar tetap ada keuntungan bagi peternak,” pungkas Lutfi.

Lutfi menambahkan bahwa harga minyak goreng curah masih relatif tinggi. Di Pasar Rawamangun, minyak goreng curah dijual dengan harga Rp16.000 per kg.

"Kondisi harga ini akan terus membaik dan diharapkan sesuai dengan harga yang ditentukan pemerintah sebelum Lebaran," katanya.(OL-11)
 

 

Baca Juga

Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Hari Pelaut Sedunia 2022 Momentum Lahirnya UU Pelaut

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:25 WIB
Menurut Hakeng, hingga saat ini, profesi pelaut masih membutuhkan instrumen peraturan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya