Selasa 15 Maret 2022, 22:47 WIB

Ini Pengertian Tindak Pidana Pencucian Uang yang Menjerat Doni Salmanan dan Indra Kenz 

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Ini Pengertian Tindak Pidana Pencucian Uang yang Menjerat Doni Salmanan dan Indra Kenz 

Antara/Reno Esnir
Indra Kesuma atau Indra Kenz tersangka kasus pencucian uang saat menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri

 

AKHIR-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan kasus investasi bodong trading binary option yang antara lain menimpa influencer Doni Salmanan dan Indra Kesuma alias Indra Kenz. Keduanya dijerat pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan UU Informasi Transaksi dan Elektronik (ITE). 

Menurut Bank Indonesia (BI), definisi pencucian uang adalah penerimaan uang tunai dalam jumlah besar oleh perbankan atau lembaga keuangan dari masyarakat yang diduga berasal dari hasil perdagangan gelap narkotika. Apabila uang tersebut disimpan dalam deposito ataupun ditanamkan dalam investasi lainnya, setelah melalui proses tersebut, seolah-olah uang itu merupakan hasil kegiatan transaksi yang sah. 

Di Indonesia, tindak pidana ini diatur dalam UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada sejumlah perbuatan yang menjadi tindak pidana pencucian uang menurut UU No. 8/2010. 

Pertama, menempatkan, mentransfer, mengalihkan membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan. 

Kedua, menyembunyikan atau menyamarkan asal usul, sumber, lokasi, peruntukan, pengalihan hak-hak, atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana. 

Ketiga, menerima, menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana. 

Baca juga : Mengenal Binary Option dan Cara Kerjanya

Dalam praktiknya, kegiatan pencucian uang mencakup tiga langkah yang menjadi dasar operasional pencucian uang. Pertama Placement. Tindakan awal dari pencucian uang adalah placement atau penempatan uang, yakni proses masuknya uang tunai ke dalam sistem finansial. 

Pada tahapan ini, pergerakan uang sangat rawan untuk dideteksi, maka untuk menghindari terdeteksinya pola ini, cara yang biasa dilakukan adalah dengan memecah uang menjadi satuan yang lebih kecil agar tidak mudah dicurigai. 

Kedua Layering. Layering merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menjauhkan uang yang diperoleh dari kejahatan tersebut. Cara yang biasa digunakan adalah dengan membeli aset, berinvestasi, atau dengan menyebar uang tersebut melalui pembukaan rekening bank di beberapa negara. Di sinilah tempat suaka pajak (tax havens) memperlancar tindak pencucian uang. 

Ketiga Integration. Integration merupakan upaya menggabungkan atau menggunakan harta kekayaan yang telah tampak sah, baik untuk dinikmati langsung, diinvestasikan ke dalam berbagai jenis produk keuangan dan bentuk material lainnya, dipergunakan untuk membiayai kegiatan bisnis yang sah, ataupun untuk membiayai kembali kegiatan tindak pidana. Adapun cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan investasi pada suatu kegiatan usaha, penjualan dan pembelian aset, serta pembiayaan korporasi. 

Dalam praktiknya, tindak kejahatan pencucian uang tidak selalu berjalan dengan bertahap, melainkan dengan saling menggabungkan tahapan kemudian melakukan tahapan-tahapan pencucian uang berulang-ulang kali sehingga terjadi proses pencucian uang yang rumit dan melibatkan banyak pihak dan lembaga penyedia barang dan jasa. 

Fakta inilah yang menjadi alasan mengapa kejahatan ini tidak mudah ditangani. Oleh karena itu, peran Penyedia Jasa Keuangan (PJK) maupun masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah terjadinya pencucian uang. (OL-7)

Baca Juga

Dok.Ist

Wilmar Distribusikan Bantuan 148 Hewan Kurban

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:42 WIB
Pendistribusian bantuan hewan Kurban merupakan program tahunan, sebagai bentuk  partisipasi perusahaan kepada...
Ist/Kementan

Pinang Betara Jambi Jadi Komoditas Unggulan Nasional Berorientasi Ekspor

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:41 WIB
Varietas pinang betara Jambi awalnya merupakan varietas unggul lokal milik Provinsi Jambi, namun saat ini telah ditetapkan oleh Kementan...
Ist

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bingkisan Makanan Kepada Pekerja Rentan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:33 WIB
Kegiatan touring yang bertemakan "Bike Bike di Jalan" ini dalam rangka meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar karyawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya