Selasa 15 Maret 2022, 21:42 WIB

Mengenal Binary Option dan Cara Kerjanya

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Mengenal Binary Option dan Cara Kerjanya

Antara
Tersangka kasus investasi bodong Indra Kesuma alias Indra Kenz

 

BINARY  option akhir-akhir ini mendapatkan perhatian dari masyarakat. Instrumen trading (perdagangan) daring ini acapkali membuat orang tergiur karena keuntungan yang didapatkan hanya dengan menebak naik turunnya sebuah aset pada waktu relatif singkat.

Persentase keuntungan jika menebak dengan benar disebut berada di kisaran 60 sampai 80 persen. Namun, risiko bermain binary option juga sangat tinggi. Seluruh modal yang dipertaruhkan bisa lenyap apabila salah memprediksi.

Karena itu, binary option dianggap lebih menyerupai judi online berkedok trading. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan pun telah memastikan kegiatan opsi biner atau binary option adalah ilegal.

Bappebti menegaskan, Binary Option adalah kegiatan dilarang karena tidak sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2011 tentang perubahan atas UU Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK).

Lantas, bagaimana cara kerja binary option itu? Intinya, situs atau platform binary options akan memberikan pilihan kepada pengguna untuk menebak suatu harga apakah akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu. Jika tebakannya salah, maka trader akan mengalami kerugian. Sedangkan penyedia layanan akan mendapat keuntungan dari kerugian trader.

Setelah menentukan aset yang akan diperdagangkan, entah itu mata uang, indeks saham, atau kripto, trader harus mempertaruhkan modalnya. Misal, trader diminta menebak harga saham tertentu apakah akan berada di atas 20 dolar pada 15 Maret 2022, pukul 10.30.

Trader diberi opsi, "ya" atau "tidak". Misalnya trader memilih “ya" dengan mempertaruhkan 100 dolar dan tebakannya benar, maka ia akan menerima pembayaran sesuai dengan persyaratan yang disepakati. Misalnya 70 persen. Broker pun akan mengkredit akun trader sebanyak 70 dolar.

Namun jika tebakannya salah, ia harus kehilangan investasi 100 dolar dalam perdagangan.

Bappebti menyebut pihaknya telah memblokir sebanyak 92 domain biner option seperti Binomo, IQ Option, Olymptrade, Quotex serta, memblokir 336 robot trading seperti Net89/SmartX, Auto Trade Gold, Viral Blast, dan masih banyak lagi. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/	M RISYAL HIDAYAT

Alokasi Anggaran Bansos Naik untuk Dukung Inisiatif Program Kemensos

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:53 WIB
Anggaran perlindungan sosial dalam RAPBN 2023 diusulkan menjadi Rp479,1 triliun, naik dari tahun sebelumnya yang berkisar Rp431...
MI/Pius Erlangga

Monitor Kondisi Perekonomian untuk Jaga Kesiapan Fiskal

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:48 WIB
"Tentu saja kita juga tetap melakukan monitoring, dikalibrasi, sehingga kita selalu up-to-date dengan kondisi paling...
Antara

Presiden: Ketidakpastian Global bukan Alasan untuk Pesimistis

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:30 WIB
Mengingat, Indonesia memiliki nodal yang cukup kuat untuk mendorong perekonomian ke level yang lebih baik. Sekalipun, ekonomi global...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya