Rabu 21 Juli 2021, 12:55 WIB

Duh, Masih Ada Tunggakan Biaya Isoman Hotel Rp196 Miliar

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Duh, Masih Ada Tunggakan Biaya Isoman Hotel Rp196 Miliar

Antara/Novrian Arbi
Hotel tempat isolasi mandiri di Bandung

 

KETUA Perhimpunan Hotel dan restoran (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, pemerintah pusat masih menunggak pembiayaan isolasi mandiri (isoman) di hotel sebesar Rp196 miliar. Seperti diketahui, pemerintah telah menggratiskan program isolasi mandiri di hotel sejak 2020 kepada pasien covid-19 tanpa gejala.

"Sampai saat ini belum dibayar. Ada sekitar Rp196 miliar untuk isoman yang sedang berproses (pembayaran) untuk 21 hotel di Jakarta," kata Hariyadi dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7).

Dia menuturkan, saat ini proses pembayaran masih dalan tahapan approval atau persetujuan dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Setelah itu, baru dilanjutkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Karena awalnya order-nya dari sana, permintannya dari BNPB lalu disalurkan ke daerah," terang Hariyadi.

Dia juga meminta, agar kedepan pembayaran untuk program isoman di hotel lebih baik lagi atau dengan kata lain tidak menunggak besar. Menurutnya, pemerintah daerah bisa membantu membayar tagihan ke hotel-hotel yang ditunjuk sebagai tempat isoman bagi pasien covid-19.

Hariyadi pun mencontohkan apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Mereka dikatakan mau membayar biaya untuk program isoman di hotel yang berada di Bandung.

"Kalau pemerintah mau bekerjasama lagi, kami mintanya pola pembayaranya itu yang baik. Seperti di Bandung untuk hotel isoman, itu dibayarnya oleh pemprov. Jadi, dibayar 50% dulu dan pembayarannya dua minggu sekali," jelasnya.

Di satu sisi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu juga mengungkapkan, jumlah pasien covid-19 tanpa gejala yang ingin menjalankan isoman di hotel dengan pembayaran pribadi sudah jarang alias tidak ramai.

"Pada kenyataannya yang isoman hotel (secara pribadi) itu justru sedikit, tidak banyak. Hal ini dikarenakan lebih banyak isoman di rumah, lebih bisa mengantisipasi," tandas Hariyadi. (Ins/E-1)

Baca Juga

Ist

Rayakan HUT Ke-9, Lookboutiquestore Hadirkan Kembali Iconic Pieces

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:58 WIB
Pada momen spesial ini, LBS mengangkat tema Reflect dengan tujuan mengajak tim dan juga customer untuk mengambil waktu sejenak, melihat...
MI/Rendy Ferdiansyah

Erick Thohir: Pandemi Sebabkan Harga Timah Dunia Membaik

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:14 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir mengakui pandemi covid-19 berdampak pada berkurangan stok timah, sehingga berdampak pada membaiknya harga timah...
Dok.Moxa

Beri Kemudahan Masyarakat untuk Menabung

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 20:15 WIB
Dengan fitur baru ini, pengguna dapat membuka tabungan langsung melalui aplikasi Moxa tanpa perlu berkunjung ke kantor...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya