Senin 12 April 2021, 23:04 WIB

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

Antara/Fikri Yusuf
Menparekraf Sandiaga Uno mencoba fasilitas protokol kesehatan di Waterboom Bali

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, adanya larangan mudik di tahun ini, diprediksi tempat wisata lokal akan dibanjiri oleh masyarakat. Protokol kesehatan (prokes) dianggap merupakan suatu keharusan di tempat wisata.

"Saya melihat akan ada reposisi, destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata lokal dan kami akan antisipasi larangan mudik itu," jelas Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (12/4).

Prokes yang ketat di tempat wisata ditujukan untuk menekan penularan covid-19. Menurut Sandiaga, setiap habis liburan panjang, penularan covid-19 diprediksi meningkat. 

Para pelaku usaha juga diminta Menparekraf segera beradaptasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk memaksimalkan kualitas protokol kesehatan dan layanan di destinasi wisata.

Baca juga : Penambahan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai 2022

"Setiap habis liburan mulai, misalnya lebaran tahun lalu ada peningkatan penularan covid-19. Pelarangan mudik diambil dengan koordinasi Kemenhub dan pemerintah daerah terus melakukan pengawasan," ucapnya.

"Saya harap kepatuhan prokes ditingkatkan dan vaksinasi terus digenjot dengan lebih gencar. Kamu harapkan peniadaan mudik disikapi dengan penuh tanggung jawab dengan seluruh elemen masyarakat," lanjut Sandiaga. 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bakal terus berkoordinasi dengan dinas pariwisata daerah dan pengelola objek wisata untuk memastikan prokes berjalan dengan disiplin. 

"Per hari ini destinasi wisata tetap dibuka dan kita tetap memantau terus sampai nanti ada evaluasi. Keputusan dibuka atau tidaknya tempat wisata itu (ditangan) lewat pemerintah daerah setempat," pungkas Sandiaga. (OL-7)

Baca Juga

Dok Youtube Setpres

Sampah yang Dikelola PLN Benowo Mampu Melistriki 5.885 Rumah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:00 WIB
PSEL Benowo ini termasuk salah satu program pemerintah dalam percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik...
Ist/Kementan

Sebanyak 20 Ribu Ayam Petelur Disalurkan ke Rumah Tangga Miskin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:42 WIB
Penyaluran ayam petelur tersebut diharap bisa terbangun sumber usaha masyarakat yang memberikan pendapatan dan akhirnya dapat menurunkan...
Antara/Sigid Kurniawan.

Estimasi Harga Vaksinasi Mandiri Rp1 Juta untuk Dua Kali Suntik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:18 WIB
Mengikuti anjuran pemerintah, Kadin menegaskan akan memprioritaskan vaksinasi mandiri di wilayah zona merah yang memiliki pergerakan warga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya