Senin 12 April 2021, 15:47 WIB

Ini Hal yang Perlu Dioptimalkan Pasar Modal Syariah

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ini Hal yang Perlu Dioptimalkan Pasar Modal Syariah

Antara
Ilustrasi layar pergerakan saham di gedung BEI, Jakarta.

 

DALAM satu dekade perjalanan pasar modal syariah, ternyata ada beberapa hal yang perlu dioptimalkan. Hal itu diutarakan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen.

Salah satunya, pilihan produk investasi syariah yang dikatakan masih terbatas. Dalam hal ini, jika dibandingkan dengan produk konvensional.

Baca juga: OJK Resmi Terbitkan Izin untuk Bank Syariah Indonesia

"Sampai saat ini, belum terdapat penerbitan produk efek beragun aset syariah dan dana investasi real estate syariah, meskipun sudah terdapat landasan hukum yang memadai," papar Hoesen dalam seminar virtual, Senin (12/4).

Adapun pengembangan lainnya ialah literasi dan inklusi masyarakat mengenai produk syariah yang harus ditingkatkan. Meski upaya mendorong peningkatan literasi dan inklusi terkait produk syariah sudah cukup gencar, namun Hoesen menilai dibutuhkan pendidikan atau sekolah pasar modal syariah.

"Peran kelembagaan, seperti bank syariah dan perusahaan efek sebagai infrastruktur penunjang, bagi pasar modal syariah juga perlu lebih diperbanyak," imbuh Hoesen.

Baca juga: Kemenaker Minta Pengusaha Bayar THR paling Lambat H-7

Hal penting lain yang menurutnya perlu jadi perhatian ialah produk syariah yang tidak terlepas dari permasalahan hukum. "Tidak dipungkiri, dalam perjalanannya ternyata masih banyak pelaku yang memanfaatkan produk pasar modal syariah sebagai vehicle melaksanakan transaksi dilarang. Baik dilarang sesuai hukum positif, maupun dilarang sesuai hukum syariah," pungkasnya.

"Oleh karena itu, saya mengingatkan insan pasar modal syariah harus selalu memegang teguh landasan sifat dasar dalam implementasi prinsip syariah, yaitu karakter, profesional dan amanah," tutup dia.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Pengamat: Indonesia Butuh Enterpreuner Seperti Marimutu Sinivasan

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:45 WIB
TERLEPAS dari polemik hutang Sinivasan kepada negara, sesungguhnya Sinivasan adalah sosok enterpreuner yang sangat dibutuhkan oleh...
DOK MI

Wamendag: Pasar Rakyat, Penggerak Roda Perekonomian Rakyat

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:35 WIB
tiga tugas utama Kementerian Perdagangan terkait ketahanan pangan, keseimbangan neraca perdagangan, dan pembangunan/revitalisasi pasar...
Dok. PT Taspen

Erick Rombak Susunan Direksi PT Taspen 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
Sementara itu, Rena Latsmi Puri sebagai Direktur Keuangan menggantikan Patar Sitanggang, Ariyandi sebagai Direktur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya