Rabu 07 April 2021, 00:42 WIB

Kelengkapan Sarana Ibadah Jadi Bagian Penting Proyek Properti

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Kelengkapan Sarana Ibadah Jadi Bagian Penting Proyek Properti

Dok. Citra Swarna
Pembangunan Masjid Jami Kartika di Kawasan Kartika Residence

 

PRASARANA ibadah menjadi salah satu faktor ketertarikan konsumen pada proyek properti. Hal itu diperhatikan juga oleh pengembang Citra Swarna Group dengan membangun Masjid Jami' Kartika di kawasan kartika Residence, Karawang, Jawa Barat, yang dikembangkannya.

Arsitektur masjid Jami Kartika mengusung konsep modern simple dan tropis. Didominasi warna putih yang melambangkan kesucian, masjid jami Kartika menggunakan pemanfaatan cahaya dan sirkulasi udara alami di dalam ruangannya. Masjid itu mampu menampung 1.000 jamaah dengan standar 1,5 m2 per jamaah. 

"Kapasitas indoor masjid Jami Kartika cukup luas dan bisa menampung 400 orang jamaah sedang kapasitas outdoor masjid bisa menampung 600 orang jamaah," ujar Victor, CEO Citra Swarna Group, usai peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami Kartika, Selasa (6/4).

Bentuk bangunan Masjid, lanjut Victor, terdiri dari 2 masa bangunan dengan atap kubah (bangunan utama dan bangunan pendukung). Bangunan utama berfungsi sebagai hall tempat beribadah. Sedang bangunan pendukung berfungsi sebagai Tower akses pandang 360 derajat dengan ketinggian sekitar 24 meter. 

Dijelaskan, arah masuk bangunan dari Timur, dengan interior semi terbuka yang memaksimalkan pengkondisian udara dan pencahayaan alami di dalam ruangan masjid dilengkapi Kiblat masjid yang menjadi background interior pada sisi Barat.

"Posisi masjid Jami Kartika terletak pada posisi Magnet dari sumbu Jalan Boulevard Utama dan sumbu jalan Boulevard 2. Dengan akses pengiring lansekap Mediterania menuju Jalan masuk Masjid," ujarnya.

Sementara untuk akses sirkulasi jamaah dilengkapi dengan tangga, ram (handicap people) dan lift. Area Drop Off yang dibuat lebar dan luas makin menambah kenyamanan mobilisasi jamaah masjid Jami Kartika dengan lahan parkir yang mampu menampung 60 unit mobil dan 60 unit motor.

"Sudah menjadi kewajiban kami selaku pengembangan membangun sarana ibadah bagi para penghuni. Sekaligus merupakan komitment kami untuk memberikan kanyamanan baik dari segi rumah dan lingkungan, tetapi juga untuk sisi rohani kita sebagi umat beragama," tutur Victor.

Baca juga : Dua Perusahaan Milik Sinar Mas Land Raih Penghargaan

Dalam kesempatan yang sama Citra Swarna Grup melakukan Nomor Urut Pemesanan (NUP) untuk klaster hunian baru yang bertajuk Kahuripan pada kawasan Kartika Residence, Karawang, Jawa Barat. Kahuripan merupakan klaster keempat setelah Kabandungan, Kawaluyaan, dan Karahayuan. 

Klaster Kahuripan akan mencakup 250 unit hunian dengan dua pilihan tipe bangunan 1 lantai, Besaja (34/60 m2) dan Basmara (38/72 m2), serta tipe dua lantai, Andaru (60/72 m2). Selain Kahuripan, saat ini Kartika Residence juga tengah memasarkan empat tipe rumah pada Kluster Karahayuan, yaitu Ayana (30/72), Arana (30/60), Kanaya (38/72) dan tipe Kalyana (45/90).

GM Sales & Marketing Citra Swarna Group Hengky Japri menuturkan, Klaster Kahuripan akan dibangun dengan konsep baru melalui penambahan berbagai fasilitas pendukung, seperti Community Backyard, Relaxing Space dan Sanitary Corner. 

Menurut dia, fasilitas Community Backyards merupakan tempat berkumpul dan besosialisasi para penghuni yang didalamnya dilengkapi taman bermain anak, lapangan basket, jogging track dan Refleksi Stone. Sedangkan Relaxing Space adalah taman yang memisahkan setiap enam unit rumah di dalam blok untuk area bersantai penghuni 

Kemudian, di setiap unit rumah terdapat Sanitary Corner dimana para penghuni dapat membersihkan diri sebelum masuk rumah, langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Wakil Bupati Karawang Aep Saepulloh yang hadir dalam peresmikan Masjid Jami’ Kartika menyatakan akan menjamin kepastian serta kemudahaan izin investasi bagi dunia usaha terutama sektor properti di wilayahnya. Untuk itu, belakangan dirinya terus berupaya memperbaiki berbagai ketentuan yang sekiranya dapat menghambat aktivitas investasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Menurutnya, industri properti telah terbukti membantu kemajuan pembangunan di seluruh nusantara terutama Kabupaten Karawang. Karenanya, Pemerintah Daerah berterima kasih atas kontribusi yang diberikan para pengusaha properti termasuk Citra Swarna Group dalam pembangunan daerah Kabupaten Karwang. 

“Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami Kartika di Kawasan Perumahan Kartika Residence hari ini (Minggu, 4 April 2021) adalah bukti nyata kontribusi para pengusaha dalam pembangunan Daerah Kabupaten Karawang. Karena itu, kami pastikan kedepan tidak akan ada lagi hambatan-hambatan investasi yang menahan laju pembangunan di Kabupaten Karawang,," pungkas Aep Saepulloh. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Penerimaan Daerah dari Pajak dan Retribusi Diprediksi Naik 50% saat RUU HKPD Berlaku Efektif 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:17 WIB
Sri Mulyani memastikan penyederhanaan jenis PDRD tidak akan mengurangi jumlah PDRD yang akan diterima...
Dok Lanxess

Permintaan Komponen Otomotif Naik, Lanxess Perluas Jaringan Produksi Plastik Teknologi Tinggi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:14 WIB
Produk plastik berteknologi tinggi dengan jenama Durethan dan Pocan itu memungkinkan konstruksi komponen yang dapat menggantikan bagian...
Antara/Reno Esnir

Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Bagian dari Komitmen Pengurangan Emisi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:38 WIB
Adapun penjualan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) secara global menurut Bloomberg pada 2030 diprediksi mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya