Rabu 17 Maret 2021, 11:03 WIB

Demi Keselamatan, Sopir Bus Harus Dapat Tempat Istirahat Nyaman

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Demi Keselamatan, Sopir Bus Harus Dapat Tempat Istirahat Nyaman

MI/Kristiadi
Kecelakaan bus pariwisata di Sumedang menewaskan 27 orang, Kamis (11/3/2021).

 

KETUA Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahtono meminta pemerintah daerah, agen travel, manajemen hotel, hingga pengelola tempat wisata untuk berkolaborasi dalam menyediakan tempat istirahat yang nyaman bagi pengemudi bus. Mengingat pengemudi memegang peranan penting untuk keselamatan perjalanan.

"Kita mengimbau hotel-hotel atau tempat wisata untuk menyediakan tempat istirahat pengemudi, biar pengemudi ini bisa istirahat. Karena besoknya akan membawa penumpang. Ini untukkeselamatan kita bersama. Kita imbau untuk bisa berdiskusi atau berkolaborasi dengan pemerintah setempat, hotel, dan tempat wisata untuk bisa menyediakan tempat istirahat pengemudi," ungkapnya dalam acara Launching Kampanye Kolaboratif bertajuk Yuk Selamat Bersama secara virtual, Rabu (17/3).

Menurut Soerjanto, saat ini kesadaran untuk memberikan fasilitas tempat tidur yang nyaman bagi pengemudi bus masih rendah. Fenomena memprihatinkan ini sangat mudah ditemui dalam berbagai kegiatan berwisata jarak jauh.

"Kalau kita berwisata ke Yogyakarta, sampai di Yogyakarta kita nginep di hotel didrop oleh bisnya di hotel. Terus (pengemudi) bis nya ke mana tidurnya? Ke alun-alun terus tidurnya di bagasi bis," ujar Soerjanto.

baca  juga: Jasa Raharja Beri Santunan 26 Korban Kecelakaan Bus di Sumedang

Padahal, menurutnya, tempat tidur yang tidak layak tersebut dapat memengaruhi kondisi kesehatan pengemudi bus sendiri. Sehingga akan berisiko fatal untuk keselamatan perjalanan.

"Nah ini kita coba sama-sama pikir bagaimana kualitas tidur pengemudi? Kita semua harus bertanggung jawab, harus ikut berpartisipasi menunjang kelayakan pengemudi," tegasnya.

Oleh karena itu, dia mendorong adanya kepedulian bersama untuk memberikan fasilitas tempat istirahat yang nyaman bagi pengemudi bus.

"Jadi, kita coba untuk pengelola travel agen dan segala macem untuk take care lah dimana masalah pengemudi ini bisa istirahat," pungkas Soerjanto. (OL-3)

Baca Juga

dok.pribadi

Jaro Ade Apresiasi Pemerintah, Masyarakat Boleh Mudik

👤mediaidonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:40 WIB
ADANYA pergerakan pemudik kedesa tentu memberikan stimulan ekonomi dan membantu menghidupkan geliat usaha kecil dan menengah didesa...
dok.Ant

Garuda Mendapat Perpanjangan PKPU Terakhir hingga 20 Juni

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:15 WIB
MASKAPAI Garuda Indonesia merespons positif putusan perpanjangan terakhir tahapan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) hingga 20...
Ist/Kementan

Cegah PMK, Kementan Serahkan Bantuan Obat-obatan dan APD di Lombok Barat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:06 WIB
Kementan terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya