Jumat 05 Maret 2021, 21:05 WIB

Catat, Ini Peluang Bisnis Daring Menarik di 2021

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Catat, Ini Peluang Bisnis Daring Menarik di 2021

Dok. Tokopedia
APliaksi Tokopedia

 

PLATFORM Tokopedia mencatat beberapa tren peluang bisnis di 2021 yang dikaji pihaknya. Mulai dari bisnis makanan-minuman hingga produk olahraga. External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diminta mengetahui hal ini. 

“Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting," ungkap Ekhel dalam keterangannya, Jumat (5/3).

Adapun beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat dan UMKM yang dihimpun Tokopedia, yakni bisnis di bidang makanan dan minuman. Menurut Ekhel, usaha tersebut menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi dikatakan mencapai lebih dari tiga kali lipat.

“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” jelas Ekhel.

Dia menambahkan, berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Hal itu, kata Ekhel, terlihat dari adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia yang dikatakan menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020, meski tidak merinci berapa detail jumlah angkanya.

Tren peluang bisnis lainnya yang diungkapkan Tokopedia ialah kecantikan dan perawatan tubuh. Ekhel menuturkan, pihaknya mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori kecantikan hampir dua kali lipat menjelang akhir 2020.

Baca juga : Perluas Akses Pasar Bulog Kerja Bareng Gojek

Selanjutnya, tren bisnis pada tanaman dan alat berkebun. Ekhel mengatakan, berkebun menjadi salah satu hobi yang dianggap banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. 

"Ada kenaikan transaksi lebih dari empat kali lipat pada sub kategori taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021,” ungkap Ekhel.

Selanjutnya, peluang bisnis produk olahraga. Menurutnya, denga menjual beragam produk olahraga yang populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Ekhel menambahkan, beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Terakhir, peluang bisnis alat lukis. Ekhel menyebut, di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang dianggap digemari masyarakat. Contohnya, aktivitas paint by numbers. 

Hal ini, lanjutnya, terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori office and stationery di Tokopedia yang disebut mencapai hampir dua kali lipat selama 2020. 

“Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tutup Ekhel. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Jojon

5 Komoditas ini Rentan Naik Harga Jelang Idul Fitri,Ini Saran CIPS

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 17:42 WIB
lima komoditas yang harganya tinggi secara terus menerus sejak November 2020 adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah...
Antara

KKP: Kegiatan Ekonomi di Laut Harus Ramah Lingkungan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 17:26 WIB
Pemanfaatan ruang laut untuk kegiatan ekonomi cukup beragam. Seperti, penanaman kabel bawah laut, pengeboran minyak dan gas alam, hingga...
Antara

PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Adonara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 16:54 WIB
Dirinya melanjutkan, dari 105 desadi Pulau Adonara yang terdampak, 98 desa listriknya sudah kembali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya