Selasa 02 Maret 2021, 17:04 WIB

Indonesia belum Dapat Tingkatkan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Indonesia belum Dapat Tingkatkan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Wisatawan menikmati suasana Pantai Pererenan, Badung, Bali, Senin (1/3).

 

INDONESIA belum bisa membuka jalur penerbangan internasional untuk meningkatkan wisatawan mancanegara di 2021. Saat ini, pembukaan jalur internasional bersifat terbatas untuk orang-orang dengan tujuan tertentu maupun perjalanan esensial.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan itu dalam MNC Group Investor Forum 2021, Selasa (2/3). "Indonesia tidak bisa membuka (penerbangan internasional) dengan komunitas internasional karena sekarang ada travel bubble, koridor perjalanan dengan kesepakatan," tuturnya.

Untuk mendorong geliat sektor pariwisata Tanah Air, pemerintah akan mengandalkan wisatawan domestik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Airlangga bilang, pemerintah sedang menyiapkan paket kebijakan di bidang kepariwisataan seiring dengan agenda mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

"Wisatawan domestik menjadi PR dan kami berharap program vaksinasi bisa mencapai herd immunity di pertengahan tahun dengan 70 juta orang yang bisa divaksinasi. Itu akan menjadi game changer juga di sektor pariwisata," ujar Airlangga.

Sedianya pengambil kebijakan telah mendukung sektor-sektor kepariwisataan agar bertahan dari pandemi covid-19. "Pemerintah akan membuat kebijakan untuk meningkatkan kapasitas pariwisata. Salah satu yang sudah dilakukan yaitu menjadikan hotel sebagai tempat isolasi. Itu salah satu dukungan pemerintah," kata Airlangga.

Dia melanjutkan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan kebijakan dukungan lebih lanjut untuk hotel, restoran, dan kafe. Hanya, Airlangga enggan mengungkapkannya lebih jauh.

"Kami sedang mengerjakannya. Kami akan membuat solusi agar operasionalisasi di sektor itu tidak terlalu rumit. Saat ini sedang ditinjau pemerintah," pungkas Airlangga. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Jojon

5 Komoditas ini Rentan Naik Harga Jelang Idul Fitri,Ini Saran CIPS

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 17:42 WIB
lima komoditas yang harganya tinggi secara terus menerus sejak November 2020 adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah...
Antara

KKP: Kegiatan Ekonomi di Laut Harus Ramah Lingkungan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 17:26 WIB
Pemanfaatan ruang laut untuk kegiatan ekonomi cukup beragam. Seperti, penanaman kabel bawah laut, pengeboran minyak dan gas alam, hingga...
Antara

PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Adonara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 16:54 WIB
Dirinya melanjutkan, dari 105 desadi Pulau Adonara yang terdampak, 98 desa listriknya sudah kembali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya