Selasa 10 November 2020, 00:55 WIB

Modernland Dukung Pengembangan Kawasan TOD

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Modernland Dukung Pengembangan Kawasan TOD

Dok Modernland
Maket rencana pengembangan kawasan TOD Modernland Cilejit di Tangerang.

 

KAWASAN hunian yang mengusung konsep pembangunan berbasis transit atau transit oriented development (TOD) kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat modern. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh penghuni kawasan TOD.

Itu artinya ada peluang besar yang bisa dimanfaatkan para pengembang. Hal tersebut diakui oleh PT PT Modernland Realty Tbk yang kini sedang membangun sebuah kawasan perumahan berkonsep TOD yakni Modernland Cilejit seluas 1.000 hektare di kawasan Cilejit, Tangerang, Banten.

Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Helen Hamzah menyatakan pihaknya siap mendulang peluang sekaligus ikut berperan aktif dalam upaya pemerintah mendorong pembangunan hunian berbasis TOD tersebut. Ia mengakui konsep itu memang menawarkan daya tarik yang tidak kecil.

"Hasil survei yang kami lakukan kepada konsumen di tahap 1 dan 2, ketika kami berhasil memasarkan lebih dari 1.500 unit, alasan terbanyak untuk membeli rumah di Modernland Cilejit adalah karena mengusung konsep TOD," jelas Helen.

Lebih rinci lagi, imbuhnya, sebagian besar pembeli karena alasan TOD itu adalah generasi milenial yang membeli rumah pertama mereka. Faktor konektivitas dengan sistem transportasi yang terintegrasi menjadi keunggulan konsep TOD di mata milenial.

"Contohnya di Modernland Cilejit yang terintegrasi langsung dengan stasiun KRL Commuterline Cilejit. Gerbang Kota Baru Modernland Cilejit pun persis berada di depan stasiun KRL Commuterline Cilejit," sebutnya.

Sebagi informasi, Modernland dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menandatanganinya MoU penunjukan stasiun Cilejit sebagai hub station TOD (Transit Oriented Development) bagi proyek Modernland Cilejit.

"Penerapan konsep TOD membuat penghuni tidak perlu membuang banyak waktu di jalan. Transportasi massal membuat perjalanan menjadi lebih singkat dan penghuni punya banyak waktu untuk keluarga atau untuk meningkatkan produktivitas," papar Helen.

Selain berkonsep TOD, Modernland Cilejit juga memiliki keunggulan sebagai kota baru dengan area hijau dan ruang terbuka lebih dari 30 hektare, terdapat central park, dan danau seluas 20 hektare. Mengusung konsep TOD dan resort living, Modernland Cilejit ditengarai akan memberikan warna baru bagi kawasan hunian di Tangerang," kata dia.

Modernland Cilejit menawarkan hunian yang terdiri atas hunian tipe rumah sederhana, hunian tipe real estate, ruko dan rumah usaha. Hunian tipe RS bukan hanya sebagai tempelan, melainkan dirangkum dalam dua cluster yaitu Lintang & Pasai. Harganya mulai dari Rp186 juta. Adapun hunian tipe real estate dipasarkan seharga mulai dari Rp308 juta.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta para pengembang di Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berbasis TOD di berbagai wilayah di Indonesia.

Adanya pembangunan TOD dinilai sangat bermanfaat untuk optimalisasi lahan yang ada di kawasan perkotaan serta menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat, termasuk para generasi milenial di masa depan. (X-12)

 

Baca Juga

AFP/Remy Gabalda

Emirates Memulai Kembali Penerbangan ke Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Penerbangan harian ini artinya memastikan layanan penerbangan akan berjalan non-stop dan mempermudah masyarakat di Dubai untuk menuju...
Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya