Kamis 27 Oktober 2022, 09:00 WIB

Bermain dengan Hewan Peliharaan dapat Membantu Mengatasi Depresi

Nike Amelia sari | Weekend
Bermain dengan Hewan Peliharaan dapat Membantu Mengatasi Depresi

unsplash.com/Norbert Kundrak
ilustrasi: Seorang perempuan dengan hewan peliharaannya

 

Menurut sebuah penelitian baru terbaru dari Universitas Kingston, London, Inggris.memiliki hewan peliharaan dapat membantu orang-orang yang kurang tangguh mengatasi tekanan kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa psikologi Ece Beren Barklam, mengeksplorasi apakah memiliki hewan peliharaan dikaitkan dengan kesejahteraan mental yang lebih baik selama pandemi covid-19.  Studi ini memperhitungkan persepsi pemilik tentang tingkat ketahanan mereka sendiri dan seberapa dekat mereka secara emosional dengan hewan peliharaan mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal hubungan manusia-hewan Anthrozoös, dilakukan melalui dua survei terhadap lebih dari 700 orang dari Inggris dan seluruh dunia. Survei pertama dilakukan pada selama awal pandemi yakni Mei 2020 dan satu lagi pada September 2021.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan hewan peliharaan memiliki sebagian besar efek positif pada kehidupan pemiliknya selama pandemi.  Peningkatan paparan terhadap hewan mereka, seperti mengajak mereka jalan-jalan atau bermain, lebih sering dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik Pemilik yang menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi dengan hewan mereka selama periode  ini mengaku menjadi lebih bahagia daripada mereka yang tidak bermain dengan hewan peliharaan.

"Pada umumnya diyakini bahwa hewan peliharaan baik untuk manusia. Sementara sebagian penelitian mendukung hal ini, saya ingin memahami peran karakteristik individu seperti ketahanan bermain dalam hubungan antara kepemilikan hewan peliharaan dan kesehatan mental positif atau negatif," kata Barklam, seperti dikutip dari sciencedaily, Selasa (25/10)

Supervisor PhD Barklam, profesor di bidang neurokognisi dan estetika Dr Fatima Maria Felisberti, mengatakan penelitian seperti ini memiliki peran penting dalam membantu memahami peran hewan peliharaan dalam kehidupan sehari-hari manusia.(M-3)

 

Baca Juga

unsplash.com/Tim Toomey

Ini Rahasia Chef Memasak Daging Steak agar Empuk dan Juicy

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:10 WIB
Kunci dalam memasak daging steak agar mendapatkan daging yang empuk dan juicy adalah jangan terlalu sering membolak-balik daging...
Dok. Disney+ Hotstar

Empat Dokumenter K-Pop di 2023, Suju hingga NCT 127

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Desember 2022, 19:00 WIB
Bukan cuma drakor, kini konten dari Korea juga diperbanyak dengan beberapa deretan dokumenter dari para grup idola...
Dok. Disney+ Hotstar

Serial Jurnal Risa Jadi Medium Merekam Horor Masa Kecil

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:00 WIB
Serial delapan episode Jurnal Risa berasal dari novel karya Risa Saraswati berjudul Teror Liburan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya