Jumat 19 Agustus 2022, 13:35 WIB

Rentan Diretas, Pengguna Apple Wajib Segera Update iOS

Putri Rosmalia | Weekend
Rentan Diretas, Pengguna Apple Wajib Segera Update iOS

AFP
Logo Apple

 

Apple mengimbau para pengguna perangkatnya untuk segera melakukan pembaruan atau update iOS. Imbauan itu dikeluarkan menyusul temuan tim teknisi Apple tentang celah kerentanan pada sistem operasi yang mereka buat.

Dilansir dari cnn.com, Jumat, (19/8), pihak Apple mengungkapkan, celah kerentanan yang mereka temukan juga diikuti dengan bukti adanya potensi serangan atau gangguan pada beberapa jenis iOS yang telah banyak digunakan masyarakat. Tanpa disadari saat ini kemungkinan besar banyak pengguna Apple yang perangkatnya telah disusupi oleh pihak tak bertanggung jawab lewat celah tersebut.

Dalam keterangan resminya, Apple mengimbau agar pembaruan iOS dilakukan oleh semua pemilik perangkat Apple. Namun, mereka mewajibkannya untuk dilakukan terutama pada perangkat iPhone 6S, iPad 5th generation dan di atasnya, iPad Air 2 dan generasi setelahnya, iPad mini 4 dan generasi setelahnya, seluruh perangkat iPad Pro dan iPod Touch 7th generation.

Celah kerentanan yang terdapat pada iOS tersebut dikatakan memungkinkan peretas untuk mengontrol jalannya sebuah perangkat Apple dari jarak jauh. Mereka juga dapat memanfaatkannya untuk mencuri kata sandi serta menggunakan akun pemilik asli iOS untuk menjelajah ke situs berbahaya.

Para perangkat Mac, peretas juga berpotensi untuk menyusup lebih jauh ke berbagai akun yang bersifat rahasia. Seperti akun bisnis, milik perusahaan, hingga aplikasi lain yang tertanam di dalamnya.

Untuk menghindari potensi kerugian, Apple meminta agar pembaruan dilakukan dengan segera. Bersamaan dengan itu, mereka juga terus berupaya memperbaiki kekurangan yang ada di seluruh jenis sistem operasi yang dimiliki Apple.(M-4) 

Baca Juga

www.campusfrance.org

Beasiswa S2 dan S3 ke Prancis Segera Dibuka

👤Devi Harahap 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 19:10 WIB
Beasiswa ini menawarkan komponen pendanaan untuk gelar master selama 12 hingga 36 bulan dan komponen doktoral untuk mendukung penelitian...
Unsplash.com/CDC

Berabad-abad jadi Misteri, Para Peneliti akhirnya Ungkap Cara Bakteri Bergerak

👤Devi Harahap 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 19:00 WIB
Egelman mengatakan penelitiannya dapat memberikan pemahaman baru dan membantu untuk membuka jalan bagi teknologi yang didasarkan pada...
Unsplash/ Julien Pianetti

Ini Alasan Nanas Bisa Mengempukkan Daging

👤Nike Amelia Sari 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 17:05 WIB
Nanas mengandung enzim bromelin, yang termasuk enzim protease, yang dapat mendegradasi serabut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya