Rabu 03 November 2021, 16:22 WIB

Uang Kripto Squid Game yang Berujung Petaka

Putri Rosmalia | Weekend
Uang Kripto Squid Game yang Berujung Petaka

Netflix
Popularitas serial Squid Game yang tayang di platform Netflix kini disalahgunakan.

 

Kepopuleran serial asal Korea Selatan, Squid Game, memang di luar dugaan. Serial ini menjadi fenomenal karena menjadi salah satu serial Netflix yang paling banyak ditonton secara global.

Melansir dari bbc.com, Rabu, (3/11), demam Squid Game tak hanya menjadi sekadar hiburan. Pekan lalu telah muncul mata uang kripto bernama Squid Game (SQUID). Mata uang kripto baru itu langsung menarik perhatian para pemain mata uang kripto dan ramai diborong para investor.

Hanya dalam 24 jam diluncurkan, aset kripto SQUID langsung melejit. Nilainya melonjak hingga mencapai 23 juta persen dalam sepekan atau sekitar Rp40 juta per koin pada Senin, (1/11).

Lonjakan nilai aset kripto tersebut langsung ditanggapi dengan cepat oleh para investor secara global dengan total aset yang diinvestasikan mencapai lebih dari 2,6 juta dolar AS atau sekitar Rp37 miliar.

Sialnya, ternyata sang pengembang SQUID telah memiliki niat buruk dengan memanfaatkan popularitas serial Squid Game. Satu pekan setelah dirilis dan mendapatkan banyak aliran dana investor, ia mengentikan semua aktivitas terkait mata uang SQUID, menutup akunnya dan membawa kabur yang puluhan miliar tersebut. Kejadian tersebut dalam dunia mata uang kripto dikenal dengan nama ‘rug pull’. Di mana sang pembuat mata uang kripto secara ilegal mengalihkan semua aset kriptonya menjadi mata uang sungguhan.

Hingga saat ini, belum ada kelanjutan langkah apa yang bisa dilakukan para investor yang tertipu. Namun, penyelesaian dinilai akan sulit karena transasksi mata uang kripto SQUID dilakukan secara independen tanpa adanya pihak ketiga yang ikut campur tangan. (M-2)

Baca Juga

dok: Aksara Records

'Wijayakusuma' Tandai Kebangkitan Kembali Aksara Records

👤Fathurrozak 🕔Kamis 07 Juli 2022, 11:32 WIB
Setelah hampir 13 tahun tenggelam, Aksara Records kini kembali lagi dengan merilis single  Wijayakusuma dari Ardhito...
MI/Devi Harahap

Menelusuri Artefak Seni Taman Ismail Marzuki

👤Devi Harahap 🕔Kamis 07 Juli 2022, 11:24 WIB
Pameran menampilkan ratusan koleksi karya seni dan arsip berupa lukisan, drawing, grafis, dan printing dari berbagai kegiatan yang...
Unsplash.com/Robert Collins

Keterampilan yang Perlu Dibangun untuk Menguatkan Mental Anak

👤Devi Harahap 🕔Kamis 07 Juli 2022, 07:15 WIB
Penelitian menunjukkan harapan dapat secara dramatis mengurangi kecemasan dan depresi masa kanak-kanak.  Anak-anak yang penuh harapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya