Senin 06 September 2021, 23:40 WIB

Ini Pertanda Seseorang Butuh Tidur Lebih Banyak

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Pertanda Seseorang Butuh Tidur Lebih Banyak

122RF
Tanda-tanda seseorang butuh tidur lebih banyak.

 

Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan seseorang, dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Tanda-tanda bahwa seseorang membutuhkan lebih banyak tidur juga dapat samar atau tidak terduga.

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan masalah yang dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan keseluruhan.

Dilansir dari situs resmi National Health Service (NHS), nhs.uk, menjelaskan jika kurang tidur secara terus-menerus akan menempatkan orang pada risiko kondisi medis yang serius, termasuk obesitas, penyakit jantung koroner dan diabetes sehingga dapat memperpendek harapan hidup orang.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda bila kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur. Berikut lima tanda-tandanya, seperti dikutip dari psychologytoday.com, Jumat (3/9). 
 
1. Segera Tertidur

Membutuhkan waktu 30 menit atau lebih untuk tertidur adalah tanda bahwa kamu tidak cukup tidur. Di sisi lain, jika kamu tertidur segera setelah kepala menyentuh bantal, itu juga merupakan pertanda buruk.

Idealnya, kamu perlu waktu antara 10 dan 20 menit untuk tertidur setiap malam, tertidur lebih cepat dari itu adalah tanda bahaya utama untuk kurang tidur dan kelelahan kronis.

2. Menghambat Produksi Hormon

Tidur yang buruk dikaitkan dengan disfungsi ereksi pada pria, dan kurang tidur menghambat produksi hormon pada pria dan wanita. Wanita bisa sangat rentan terhadap kurang tidur dan berkurangnya gairah seks karena mereka cenderung mengalami lebih banyak perubahan hormonal sepanjang hidup mereka, seperti gejala pramenstruasi, kehamilan, atau menopause. Wanita juga lebih mungkin untuk bangun di malam hari untuk merawat bayi atau anak kecil.

3. Dehidrasi

Minum terlalu banyak sebelum tidur bisa mengganggu tidur kita, tapi tahukah kamu bahwa kurang tidur bisa membuat kamu haus? Satu studi menemukan bahwa durasi tidur yang pendek dikaitkan dengan peningkatan risiko hidrasi yang tidak memadai.

Ini mungkin karena hormon vasopresin -- hormon yang mencegah hilangnya cairan dari tubuh dengan menurunkan keluaran urin dan membantu ginjal menyerap air ke dalam tubuh, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak selama periode tidur larut malam untuk mencegah dehidrasi, tetapi tidur yang terganggu dapat memengaruhi saat hormon ini dilepaskan, membuat kamu lebih rentan terhadap dehidrasi.

4. Lebih Cepat Lapar

Ada hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan. Tidur yang buruk dapat meningkatkan produksi hormon perangsang nafsu makan ghrelin, dan mengurangi produksi leptin, yang memberi tahu tubuh saat sudah kenyang.

Jika kurang tidur, kemungkinan besar kamu akan mengonsumsi camilan sepanjang hari dan cenderung tidak berolahraga. Lalu juga dikombinasikan dengan mengidam makanan berkalori tinggi/rendah nutrisi, ini bisa menimbulkan masalah untuk berat badan.

5. Merasa Cemas

Tidur dan kesehatan mental berhubungan erat dan bahkan berbagi hubungan siklus. Merasa cemas atau depresi dapat memengaruhi siklus tidur secara negatif, dan tidak cukup tidur dapat membuat kamu merasa cemas dan stres.

Gangguan tidur juga terkait dengan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan bipolar, antara 50 dan 90 persen pasien dengan gangguan kejiwaan juga mengalami insomnia. Ini karena kesehatan mental dan kesehatan otak secara keseluruhan bergantung pada tidur yang nyenyak setiap malam.

Tidur dalam fase rapid eye movement (REM) yang cukup memungkinkan otak memproses informasi emosional, yang memengaruhi suasana hati, ingatan, dan keterampilan berpikir kritis.

Kesehatan tidur, kesehatan mental, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan semuanya terhubung. Jika mengalami masalah dengan salah satunya, kamu mungkin mengalami masalah dengan setidaknya salah satu dari yang lain. (M-2) 

Baca Juga

MI/Fathurrozak

6 Hal yang Harus Diketahui di Balik Layar Mencuri Raden Saleh

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:20 WIB
Film Mencuri Raden Saleh akan tayang di bioskop pada 25...
Dok. Whatsapp

Lebih Privat dengan 3 Fitur Baru Whatsapp

👤M-2 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 07:35 WIB
TIDAK sekadar berfungsi sebagai aplikasi perpesanan, Whatsapp juga dilengkapi dengan berbagai...
Dok. 123RF

Metaverse, Potensial atau hanya Gimik?

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 07:30 WIB
Di dalam negeri, para pengembang metaverse umumnya masih berada di fase perencanaan dan pengembangan model yang akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya