Selasa 22 Juni 2021, 12:20 WIB

Diingatkan soal Masker, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Malah Hardik Wartawan

Adiyanto | Weekend
Diingatkan soal Masker, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Malah Hardik Wartawan

EVARISTO SA / AFP
Presiden Brasil Jair Bolsonaro saat mengumumkan sponsor tim olimpiade di Istana Planalto pada 1 Juni 2021

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghardik seorang jurnalis yang mempertanyakan ulahnya yang ogah memakai masker.  Ia  menyuruh wartawan itu untuk diam dan menyebut Globo Group, konglomerat media terbesar di negara itu, sebagai "sialan."

"Tutup mulutmu! Anda mempraktikkan jurnalisme nakal yang tidak membantu sama sekali. Anda menghancurkan keluarga Brasil, menghancurkan agama Brasil!" tegas Bolsonaro mengecam reporter itu setelah upacara militer di Guaratingueta, di negara bagian Sao Paulo, Senin (21/6)

Wartawan dari TV Vanguarda, sebuah stasiun dari jaringan Globo, baru saja mengingatkan mantan perwira sayap kanan militer itu bahwa ia telah didenda di beberapa negara bagian karena menolak mengenakan masker dalam pertemuan dengan para pendukungnya.

Ketika reporter itu mengingatkan Bolsonaro yang tiba di upacara militer itu tanpa masker, sang presiden malah menghardik. "Saya datang seperti yang saya suka, kapan pun saya mau. Saya mengurus hidup saya sendiri."

Sejak berkuasa pada Januari 2019, Bolsonaro telah berulang kali menyerang jurnalis dan media. Dalam pidatonya Senin, ia kembali mengecam "Globo adalah pers yang buruk. Anda pers yang buruk ... jika Anda menonton Globo, Anda mendapatkan informasi yang salah. Anda harus malu pada diri sendiri karena melakukan pekerjaan yang buruk," katanya .

Grup Globo dengan cepat bereaksi. "Presiden tidak akan menghalangi atau menghambat kerja pers di Brasil dengan berteriak atau dengan tindakan intoleransi lainnya," katanya dalam sebuah pernyataan.

Bolsonaro juga mencerca CNN Brasil, dan menuduh mendukung demonstrasi mengkritik kebijakan pemerintah dalam mengatasi pandemi virus korona yang sejauh ini telah menewaskan 500 ribu orang di Brasil.

Bolsonaro menentang langkah-langkah protokol kesehatan seperti menjarak sosial atau isolasi apa pun sejak awal pandemi. Dia juga mempertanyakan kemanjuran vaksin dan kegunaan masker.  Sebaliknya, ia malah mempromosikan obat-obatan yang tidak memiliki bukti ampuh dalam memerangi virus.

"Selama saya presiden, kita akan berjuang agar warga memiliki senjata (obat) dan tidak wajib memakai masker," katanya Kamis lalu dalam siaran langsung mingguannya. (AFP/M-4)

Baca Juga

kidslovetoswim.com

Berenang Membantu Proses Belajar Kosakata Pada Anak

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:30 WIB
Aktivitas olahraga berenang tampaknya tidak hanya berdampak pada kesehatan. Kegiatan ini juga memberi pengaruh pada perkembangan kognitif,...
Unsplash.com/Kelly Sikkema

Kenali Gejala Long Covid-19 pada Anak

👤Kumara Anggita 🕔Kamis 29 Juli 2021, 14:49 WIB
Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat setidaknya 1 dari 8 kasus covid-19 terjadi pada...
Dok. Palari Films / TIFF 2021.

‘Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas’ Masuk Toronto Film Festival

👤Fathurozak 🕔Kamis 29 Juli 2021, 14:29 WIB
Sebelumnya film ini diumumkan akan world premiere di Locarno Film...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya