Rabu 17 Februari 2021, 12:30 WIB

Gara-gara Korona, Harga Durian tidak Lagi Semerbak Aromanya

Adiyanto | Weekend
Gara-gara Korona, Harga Durian tidak Lagi Semerbak Aromanya

Mohd RASFAN / AFP
Buah durian di kawasan pertanian Raub, Pahang, Malaysia

DI sebuah kawasan pertanian di Malaysia, sebuah jaring dibentangkan untuk menampung buah durian yang jatuh dari pohon agar tidak rusak dan membusuk. Kebijakan penguncian/lockdown selama berbulan-bulan untuk memutus penyebaran viros korona, telah memperlambat permintaan akan buah tersebut di dalam negeri  dan membuat pedagang lebih bergantung pada permintaan dari Tiongkok.

Pada saat penguncian pertama di Malaysia, hal itu tidak terlalu berdampak pada permintaan buah durian, tetapi perkembangan kasus covid-19 yang serius telah mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan kembali pembatasan yang lebih lama, sehingga memukul ekonomi dan menghancurkan industri durian.

Seperti halnya di Indonesia, di Malaysia orang biasanya juga membeli dan makan buah durian di pinggir jalan, tapi kini sebagian besar sepi.

"Dibandingkan tahun lalu, penjualan lokal tidak sebaik tahun lalu," kata Eric Chan, seorang pedagang dan direktur pengelola Dulai Fruits Enterprise, kepada AFP.

"Jika tidak ada ekspor, atau ketika tidak ada stok untuk ekspor, saya pikir akan meruntuhkan seluruh industri," kata direktur pelaksana Top Fruits Tan Sue Sian.

Selama beberapa dekade terakhir, perdagangan durian lumayan booming, sebagian besar didorong oleh meningkatnya permintaan dari Tiongkok, dengan harga buah yang dulunya murah dijual seharga 60 ringgit (Rp190.000) atau lebih per kilo.

Buah tersebut pernah diekspor ke Tiongkok hanya sebagai bubur kertas dan pasta, tetapi pada 2019 pejabat di sana mengizinkan pengiriman buah utuh beku, untuk meningkatkan industri. (AFP/M-4)

Baca Juga

AFP/Robyn Beck

Aktor Jim Carrey Beri 'THR' Kru Film Sonic

👤Fathurrozak 🕔Senin 10 Mei 2021, 21:46 WIB
Sekuel film Sonic The Hedgehog ini dijadwalkan rilis pada April...
123RF/Andrea de Martin

Semangkuk Sayur Hijau Sehari Tekan Risiko Sakit Jantung

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 10 Mei 2021, 05:04 WIB
Risiko diklaim peneliti turun hingga 26...
MI/Ebet

Vaksin untuk Semua

👤Adiyanto Wartawan Media Indonesia 🕔Minggu 09 Mei 2021, 07:45 WIB
PANDEMI covid-19 menjadi bencana kemanusiaan dan ekonomi terbesar abad ini. Jutaan orang meregang nyawa karena patogen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya