Selasa 20 Oktober 2020, 20:05 WIB

Sering Berkelahi Antarsesama, Populasi Kukang Jawa Makin Terancam

Putri Rosmalia | Weekend
Sering Berkelahi Antarsesama, Populasi Kukang Jawa Makin Terancam

Antara/Adeng Bustomi
Kukang Jawa (Nycticebus javanicus)

 

SEBUAH studi yang dirilis dalam jurnal Current Biology pada 19 Oktober 2020 menemukan sifat tak biasa pada Kukang Jawa (Nycticebus javanicus). Hewan tersebut ternyata memiliki kebiasaan saling menyakiti satu sama lain meski berada dalam satu habitat.

Hal itu sangat janggal dan sangat jarang terjadi pada hewan lain. Umumnya, hewan tak akan menggunakan racunnya untuk menyerang sesama spesies, kecuali untuk melawan spesies lain.  

Hal itu dianggap mengkhawatirkan karena saat ini Kukang Jawa merupakan salah satu hewan yang mulai langka dan dilindungi. Kebiasaan saling menyakiti satu sama lain akan semakin mengancam eksistensi hewan tersebut.

Studi yang dilakukan selama 8 tahun tersebut dianggap sangat valid. Itu karena bahan penelitian sepenuhnya diambil dari lapangan. Dari hasil penelitian ditemukan setidaknya selalu ada 20% dari populasi Kukang Jawa yang mengalami luka akibat serangan dan racun sesama kukang.

"Setiap individu kukang, baik jantan atau betina, selalu berupaya menjadi yang lebih kuat dan berkuasa di satu wilayah. Karena itu mereka selalu saling serang," ujar ahli satwa berbisa di Natural History Museum London, Ronald, Jenner, seperti dilansir Mongabay.com, Selasa, (20/10).

Pada hewan beracun lainnya, racun umumnya hanya digunakan untuk melawan spesies lain. Selain itu, juga umumnya digunakan spesies jantan dalam memperebutkan betina dan wilayah. (M-4)

Baca Juga

MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...
Dok. Instagram @javajazzfest

Ini Syarat Baru Nonton Java Jazz 2022

👤Fathurrozak 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:05 WIB
Java Jazz 2022 akan dihelat pada 27-29 Mei di JIExpo Kemayoran,...
Unsplash/ Myles Tan

Ini Pentingnya Bermain di Ruang Terbuka Bagi Anak

👤Devi Harahap 🕔Rabu 25 Mei 2022, 15:25 WIB
Bergembira di luar ruangan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan mental dan kesejahteraan emosional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya