Senin 24 Agustus 2020, 19:55 WIB

Pilot AI Pecundangi Penerbang Tempur F-16

Abdillah Marzuqi | Weekend
Pilot AI Pecundangi Penerbang Tempur F-16

Unsplash
Dalam uji yang dilakukan salah satu unit di Departemen Pertahanan Amerika Serikat, pilot manusia dikalahkan pilot kecerdasan buatan.

LAGI, kecerdasan artisial (KA/AI) mencatatkan langkah maju. Pilot AI berhasil mengalahkan pilot manusia yang berada di balik kokpit pesawat tempur F-16. Pertempuran udara itu memang hanya berupa rangkaian simulasi, tidak benar-benar nyata.

Simulasi berkode AlphaDogfight itu diselenggarakan the Defense Advanced Research Projects Agency (Darpa). Darpa merupakan unit rahasia dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas pengembangan teknologi futuristik. Uji coba itu dimaksudkan sebagai tes kelayakan pengembangan agen otonom yang mampu mengalahkan pesawat musuh dalam pertempuran udara.

Dilansir Independent.co.uk, Ada serangkaian tahapan dalam uji coba tersebut. Pertama, pilot AI vs pilot AI. Hingga keluarlah pilot AI pemenang besutan Heron Systems. Setelah itu barulah babak final, pilot AI berhadapan dengan penerbang tempur yang mengenakan helm virtual reality (VR). Hasilnya, pilot AI menang dengan skor 5-0.

"Kami mendapat kesempatan untuk menyaksikan AI menjadi dewasa (melawan) musuh yang sangat kredibel yakni pilot manusia," kata manajer program Dan Javorsek.
"Uji coba AlphaDogfight adalah tentang meningkatkan kepercayaan pada AI. Jika sang juara AI mendapatkan rasa hormat dari pilot F-16, kita akan selangkah lebih dekat untuk mencapai kerja sama manusia-mesin yang efektif dalam pertempuran udara," lanjutnya.

Penerbang tempur mengatakan tidak dapat menandingi teknik memutar yang diadopsi oleh pilot AI. Teknik itu tidak dia saksikan dalam pertempuran udara antar manusia.
"Hal-hal standar yang kami lakukan sebagai pilot pesawat tempur tidak berfungsi," kata penerbang tempur yang menggunakan sandi 'Banger'.

Pilot AI punya kelebihan dibandingkan pilot manusia. Pilot AI tidak terpengaruh gaya gravitasi ekstrim saat bermanuver dengan kecepatan tinggi. Pilot AI juga mampu membidik dan menembak dengan akurasi tinggi. Sebaliknya, hingga saat ini, pilot AI kurang memiliki kemampuan taktis sebagaimana pilot manusia. (M-1)

Baca Juga

Dok. Galeri Nasional Indonesia

Besok, Pameran Tetap Galnas Dibuka Kembali

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 17 Mei 2021, 17:05 WIB
Pengunjung diminta melakukan registrasi daring melalui laman https://galnas-id.com, sebelum...
dok MTV

Dua Superhero Marvel Menang di MTV Movie & TV Awards 2021

👤Fathurrozak 🕔Senin 17 Mei 2021, 11:28 WIB
Wanda Maximoff dan Falcon dapat piala popcorn di MTV Movie & TV Awards 2021 berkat series...
Dok Marvel Studios

Kathryn Hahn Jadi Villain Terbaik MTV

👤Fathurrozak 🕔Senin 17 Mei 2021, 11:14 WIB
Hahn memenangkan kategori best villain atas perannya sebagai Agatha Harknes,seorang penyihir yang jahat dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya