Senin 21 November 2022, 19:45 WIB

Binus University, Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia di Metaverse

Siswantini Suryandari | Teknologi
Binus University, Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia di Metaverse

MI/Siswantini Suryandari
Prof. Dr. Meyliana saat menjelaskan Binus di dalam metaverse buatan Indonesia, Nusameta

 

METAVERSE kini mulai diperbincangan di berbagai kalangan. Mulai dari dunia pendidikan, penggiat teknologi informasi, ekonom, pebisnis dan masyarakat.

Prof. Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., CDMS, CBDMP, Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship Binus University kepada wartawan di Kampus Binus Jakarta, Senin (21/11) mengatakan bahwa meta adalah di luar/atas atau melebihi (beyond), dan verse berarti semesta, memiliki arti semesta. Metaverse berarti di luar semesta.

"Metaverse merupakan suatu ruang virtual tempat para pengguna saling terkoneksi, berkomunikasi, bekerja, belajar, bermain, dan bertransaksi seperti halnya di dunia nyata," ujar Prof Meyliana merupakan pakar block chain dan metaverse dalam acara Bincang Media Binus Metaverse dengan tema  Perguruan Tinggi Indonesia Pertama di Metaverse.

Dari pegiat teknologi, ekonomi dan bisnis, hingga pendidikan, kini metaverse jadi perbincangan hangat semua kalangan. Orang-orang membicarakan berbagai hal tentang ruang virtual yang kini makin dekat dengan kehidupan manusia.

Dalam ruang virtual metaverse ini ada tiga komponen teknologi yaitu Virtual Reality (VR), memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer. Kemudian Augmented Reality (AR), berupa penggabungan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan ke dalam lingkungan dan waktu nyata.

"Dan ketiga Artificial Intelligence (AI), simulasi kecerdasan buatan yang dibenamkan dalam mesin dan diprogram agar berpikir seperti layaknya manusia," kata Prof Mel.

Bentuknya adalah platform teknologi imersif seperti game yang digunakan menggunakan perangkat. Orang yang menggunakan metaverse ini menciptakan avatar-avatar sesuai dengan impiannya.

Indonesia pun telah menciptakan metaverse dengan nama Nusameta yang diluncurkan saat KTT G-20 dan B-20 di Nusa Dua, Bali belum lama ini. Binus University menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang masuk ke dalam Nusameta.   

Prof Meyliana mengatakan masuknya Binus University ke dunia virtual Nusameta selangkah lebih maju menyongsong era Web 3.0 dalam lingkup metaverse. Binus University berkolaborasi dengan WIR Group untuk menjadi bagian dalam pembangunan Nusameta.

baca juga: Citra Pariwara 2022 Usung Komunikasi Pemasaran dan Metaverse

Meyliana didampingi Stephen Wahyudi Santoso – Chief Operating Officer Binus menjelaskan hadirnya metaverse ini akan membuka lapangan pekerjaan cukup banyak.

Selain bidang teknologi, banyak sektor kehidupan manusia yang siap dibangun dan berproses di ruang virtual seperti game, musik, film, konser musik, pembelajaran dan pelatihan, perbankan dan finansial, properti, hingga psikologi.

Pekerjaan baru lainnya di era digital adalah literasi keuangan dan literasi teknologi yang sekarang digiatkan di masyarakat.
Untuk itu perlu dukungan SDM terampul guna mengembangkan ruang virtual yang cukup luas.

Selain itu transfer teknologi membuat metaverse akan mengubah cara mengajar dosen kepada mahasiswa. Pembelajarannya akan berbeda.

"Cara belajar mahasiswa lebih interaktif, menyenangkan, inovatif dan banyak personal life learning. Menciptakan rasa nyaman karena mahasiswa dan dosen bisa saling berinteraksi," terangnya.

Kehadiran Binus University di Nusameta ini menampilkan kehidupan mahasiswa di kampus Binus. Avatar-avatar yang diciptakan bisa berinteraksi. Binus metaverse ini dirancang oleh tim Binus terdiri dari 10 dosen dan 15 mahasiswa.

Adapun target utama Binus di ruang virtual ini adalah para mahasiswa Binus, alumni, dosen dan diperluas ke masyarakat. (N-1)

 

Baca Juga

Ist

ASEAN Growth & Scale ‘Talent Playbook’ Bantu Startup Bangun Talenta Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:37 WIB
Buku panduan Growth & Scale Talent Playbook bertujuan untuk mengedukasi serta membina startup dalam menarik, mengelola, dan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Ini Daftar Video Terpopuler di Youtube Sepanjang 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:30 WIB
YouTube menyebutkan video trending terpopuler di Indonesia menunjukkan semakin pentingnya peranan komunitas daring di balik setiap...
Dok Google Developer Groups (GDG) Indonesia.

DevFest Indonesia 2022 Digelar di 10 Kota untuk Menjaring 5.000 Developers

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:38 WIB
Tingginya permintaan pengembang aplikasi di Indonesia membuat hingga kini, kita masih ‘mengimpor’ dari India, Vietnam,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya