Selasa 21 September 2021, 13:04 WIB

Gandeng Fortnite, Balenciaga Hadirkan Koleksi di Dunia Virtual dan Nyata

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Gandeng Fortnite, Balenciaga Hadirkan Koleksi di Dunia Virtual dan Nyata

ANTARA/HO-Epic Games
Sejumlah karakter di gim Fortnite mengenakan busana produksi Balenciaga.

 

MEREK fesyen Balenciaga berkolaborasi dengan pengembang gim video Fortnite, Epic Games, untuk menghadirkankoleksi produk mode di dunia virtual dan nyata.

Pemain Fortnite tidak hanya dapat memilih pakaian dan aksesoris Balenciaga baru, tetapi juga dapat memasuki toko Balenciaga di dalam gim tersebut.

Pengguna yang melakukan pembelian dan bermain dalam tampilan Balenciaga baru juga dapat mengirimkan foto karakter untuk dimasukkan ke papan iklan virtual di alun-alun kota Fortnite.

Baca juga: Gim Seluler dan tanpa Paket Data Kian Digandrungi

Di Times Square yang sebenarnya, manusia nyata dapat menemukan papan iklan karakter Doggo, karakter terpopuler di gim video Fortnite, dan melakukan perjalanan ke toko Balenciaga di Madison Avenue, tempat mereka akan dapat berbelanja koleksi produk Fortnite dan Balenciaga yang lengkap.

Selain mengenakan merek Balenciaga di dalam gim, Doggo akan membintangi video billboard tiga dimensi di seluruh dunia dengan mengenakan hoodie dan jeans Balenciaga X Fortnite dan kacamata hitam khas merek.

Tiga karakter Fortnite populer lainnya juga tampil dalam balutan mode Balenciaga di dalam gim. Karakter Banshee mengenakan bodysuit bergaris harimau, Ramirez mengenakan atasan berpayet dan celana jeans compang-camping, serta Knight memakai sepatu bot baja Balenciaga dengan hoodie dan celana pendek.

Ini bukan pertama kalinya Balenciaga dan Epic Games bekerja sama. Afterworld, gim video  yang dirancang untuk menghadirkan koleksi musim gugur 2021 Balenciaga, dibuat menggunakan Unreal Engine Epic.

"Dari sana, kami terus terinspirasi oleh kreativitas komunitas Unreal dan Fortnite. Sangat masuk akal bagi saya bahwa kami berkolaborasi lebih jauh dengan menciptakan tampilan Balenciaga otentik ini untuk Fortnite dan seri pakaian Fortnite fisik baru untuk toko kami," kata direktur kreatif Balenciaga Gvasalia dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Vogue, Selasa (21/9).

Mendorong mode ke dimensi baru merupakan misi Gvasalia sejak meluncurkan koleksi pertamanya di Balenciaga. Dengan dunia virtual yang sepenuhnya terwujud dalam gim Fortnite, Gvasalia melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh perancang busana lain sebelumnya, yakni menjelajahi metaverse.

Kemitraan ini memiliki manfaat yang baik untuk kedua belah pihak. Pada satu sisi, Balenciaga akan bertemu audiens baru dari pemain Fortnite, sementara di sisi lain Fortnite akan masuk ke dalam dunia mode yang prestisius.

Kolaborasi Balenciaga X Fortnite bukan hanya tentang memasarkan setiap merek ke demografi baru, tetapi juga tentang membangun bahasa kreativitas bersama yang baru.

"Ini bukan hanya tentang pakaiannya. Ini adalah ekspresi diri  tertinggi," kata kepala merek Epic Games Phil Rampulla kepada Vogue. (Ant/OL-1)

Baca Juga

GREG BAKER / AFP

Teknologi Kecerdasan Artifisial Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:46 WIB
AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi dan pameran yang menampilkan perkembangan terkini dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial...
dok.ist

Xapads Media Tunjuk Country Head untuk Indonesia

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 09:25 WIB
Xapads Media, platform Adtech terprogram asal India yang baru-baru ini hadir di Indonesia, menunjuk Edo Fernando sebagai Country Head untuk...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Facebook Laporkan Kenaikan Laba di Tengah Kontroversi Facebook Papers

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 09:22 WIB
Facebook mengatakan laba bersih mereka tumbuh 17% pada periode Juli hingga September menjadi US$9,19 miliar, didukung oleh pendapatan iklan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya