Minggu 13 November 2022, 12:15 WIB

Arteta Harap Arsenal Tetap Kompetitif Setelah Jeda Piala Dunia

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Arteta Harap Arsenal Tetap Kompetitif Setelah Jeda Piala Dunia

AFP/ IAN KINGTON
Pemain Arsenal Mikel Arteta

 

KEDUDUKAN Arsenal sebagai pemuncak klasemen Liga Primer Inggris kian perkasa, The Gunners -julukkan Arsenal- kini unggul 5 poin dari rival utama mereka Manchester City yang berada di peringkat kedua.

Kemenangan Arsenal atas Wolveshampton Wanderers 2-0 pada Minggu (13/11), serta kekalahan City dari Brentford 1-2, membuat The Gunners kokoh di puncak klasemen. Arsenal tercatat telah meraup 37 poin dan memetik 12 kemenangan dari 14 pertandingan yang telah mereka lakoni di Liga Primer Inggris musim ini.

Di tengah ketangguhan Arsenal pada kompetisi tertinggi dalam sistem sepak bola Inggris itu, Manajer Arsenal Mikel Arteta justru memiliki kekhawatiran akan penurunan performa skuadnya. Pasalnya, liga akan diliburkan sekitar enam pekan untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Kondisi itu tentu akan sedikit menganggu performa Arsenal yang sedang panas di Liga, mengingat sejumlah pemain yang akan kembali ke negaranya dan melewati latihan. Arteta khawatir persiapan Arsenal di Liga menjadi terganggu setelah enam pekan libur.

"Ketika sebuah tim berada pada momen terbaik, Anda ingin terus bermain, tetapi itu tidak mungkin. Kami harus menggunakan waktu sekarang dengan cara sebaik mungkin dengan para pemain yang tidak berpartisipasi di Piala Dunia," tutur Arteta dikutip dari laman resmi klub, Minggu (13/11).

"Pekan ini, saya pikir menjadi pekan yang sangat sulit karena ada terlalu banyak hal seputar Piala Dunia dan individu tertentu, tetapi beruntung para pemain melakukan apa yang harus mereka lakukan," ucapnya.

Sekitar delapan pemain utama Arsenal bakal kembali ke negara masing-masing untuk memperkuat tim nasional sepak bola negara mereka dalam mengarungi perjalanan di Qatar. Deretan bintang seperti Granit Xhaka (Swiss), Gabriel Jesus (Brasil) hingga Bukayo Saka (Inggris) dipastikan akan bermain di Piala Dunia.

Arteta pun berpesan kepada anak didiknya untuk dapat menikmati setiap pertandingan di Qatar. Dalam kesempatan yang sama, dia juga meminta para pemainnya dapat menjaga diri selama mengarungi pertarungan di Qatar

"Saya berharap yang terbaik untuk mereka yang pergi ke Piala Dunia dan mereka akan menjaga diri mereka sendiri. Saya harap mereka menikmatinya karena tidak ada yang lebih baik daripada bermain untuk negara Anda," jelas Arteta.

Baca juga: Arsenal Pesta Gol Ke Gawang Nottingham Forest

Meski liga diliburkan selama enam pekan, Arteta menyatakan Arsenal tetap akan berlatih dengan pemain yang tersedia. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kemungkinan buruk yang akan terjadi setelah gelaran Piala Dunia.

"Saat anda berada dalam ritme dan saat Anda berkompetisi, terkadang itu jauh lebih baik. Jadi para pemain yang tersisa di sini harus bersaing dan memiliki kebugaran yang cukup untuk bisa bermain dengan cara yang benar melawan West Ham. Kami akan mencoba mempersiapkan mereka seperti itu," tutur Arteta.

Di sisi lain, dalam kemenangan The Gunners atas Wolves, Martin Odegaard menjadi juru kunci dalam pertandingan itu. Pesepak bola berusia 23 tahun itu sukses menjebloskan dua gol ke gawang Wolves, tepatnya pada menit ke-54 dan 75.

"Kami menunjukkan kedewasaan lain hari ini," ucap Arteta.

"Dalam 20-30 menit pertama kami berjuang untuk mematahkan mereka. Kami jauh lebih baik di babak kedua dan kami memiliki sedikit lebih banyak keberanian dan mengambil risiko tetapi juga tidak membiarkan mereka berlari," imbuhnya.

Arsenal belum pernah memenangkan liga sejak 2003/04 dan bahkan gagal finis di empat besar selama enam musim terakhir. Dengan apa yang ditunjukkan The Gunners pada awal musim ini tentu menjadi peluang besar bagi mereka kembali mengangkat trofi juara.

"Jelas, tidak ada yang mengharapkan kami berada di tempat kami sekarang dan jumlah pertandingan yang berhasil kami menangkan, tetapi saya lebih fokus pada cara bermain kami dan cara kami menjaga momentum ini," pungkas Arteta. (Arsenal/OL-5)

Baca Juga

AFP

Kalahkan Denmark 2-1, Prancis Lolos ke Babak 16 Besar

👤Budi Ernanto 🕔Minggu 27 November 2022, 01:09 WIB
Dua gol yang dicetak Kylian Mbappe menjadi penentu kemenangan Prancis yang merupakan juara...
AFP/MANAN VATSYAYANA

Polandia Akhiri Perlawanan Sengit Saudi, Lewandowksi Unjuk Gigi

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:28 WIB
Dengan kemenangan melawan Arab Saudi, kini Polandia sudah mengantongi 4 poin dan memimpin klasemen grup...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Menikmati Kegembiraan Pesta Bola di Taman Tertua Qatar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:48 WIB
Sejarah lokal menyebutkan bahwa Al Bidda Park, yang dulunya bernama Al Rumailah Park, bahkan muncul dalam catatan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya