Rabu 05 Oktober 2022, 08:05 WIB

Data Korban Tragedi Kanjuruhan Terbaru, 131 Orang Meninggal

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Data Korban Tragedi Kanjuruhan Terbaru, 131 Orang Meninggal

ANTARA/Umarul Faruq
Suporter Delta Sidoarjo memegang lilin saat mengikuti doa bersama di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

 

KEPALA Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan jumlah korban meninggal dalam tragedi Kanjuruhan sebanyak 131 orang, jumlah tersebut diperoleh setelah dilakukan verifikasi dan pengecekan bersama Dinas Kesehatan, Tim DVI, dan direktur rumah sakit.

"Jadi, data korban meninggal 131 orang," kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (5/10).

Dedi menjelaskan, terjadi selisih data korban meninggal karena Tim DVI bersama Dinas Kesehatan awalnya mendata korban yang dibawa ke rumah sakit saja. Setelah dilakukan pencocokan data, diketahui ada 12 korban meninggal tidak di fasilitas kesehatan.

Baca juga: Penyintas Insiden yang Trauma Sebaiknya Diberi Pendampingan

"Nonfaskes penyebab selisihnya setelah semalam dilakukan pencocokan data bersama dinas kesehatan, Tim DVI dan direktur rumah sakit," kata Dedi.

Adapun rincian jumlah korban meninggal terdata sebanyak 44 orang di tiga rumah sakit pemerintah, yakni RSUD Kanjuruhan sebanyak 21 orang, RS Bhayangkara Hasta Brata Batu sebanyak dua orang, dan RSU dr Saiful Anwar Malang sebanyak 20 orang.

Kemudian, sebanyak 75 korban meninggal dunia terdata di tujuh rumah sakit swasta, yakni RSUD Gondanglegi sebanyak empat orang, RS Wafa Husada sebanyak 53 orang, RS Teja Husada sebanyak 13 orang, RS Hasta Husada sebanyak tiga orang, RS Ben Mari sebanyak satu orang, RST Soepraoen sebanyak satu orang, dan RS Salsabila sebanyak satu orang.

Lalu, sebanyak 12 orang korban meninggal dunia di luar fasilitas kesehatan.

Hingga hari ini, Polri telah memeriksa sebanyak 29 orang saksi terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan. Dari 29 orang tersebut, 23 orang di antaranya anggota Polri dan enam lainnya merupakan saksi-saksi di lokasi kejadian.

Selain itu, Tim Labfor Polri juga masih mendalami enam titik lokasi CCTV yang tersebar di pintu 3, 9, 10, 11, 12 dan 13. Kemudian dilakukan pemeriksaan tetesan darah secara laboratoris pada pintu 11 sampai dengan 13. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/BRIYANBODO HENDRO

Sempat Ikut TC di Bali, Sandy Walsh Kembeli ke Klub

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 12:15 WIB
"Tidak khawatir sama sekali ya untuk Sandy Walsh balik ke klub, karena dia bakal bergabung juga saat kami di Malaysia...
AFP/Lucas BARIOULET

PSG Berencana Hengkang dari Parc des Princes

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 09:00 WIB
"Kami telah menginvestasikan 80 juta euro (sekitar Rp1,30 triliun) di stadion. Namun, itu bukan milik kami. Siapa yang akan setuju...
AFP/Jewel SAMAD

Swiss Bantah Banyak Pemain Mereka Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 07:00 WIB
Sedikitnya tiga pemain Swiss menderita sakit saat tim itu kalah 6-1 dari Portugal, Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya